Masuk Blacklist Amerika, Huawei China Rakit Ponsel Terbaru Tanpa Komponen AS

Masuk Blacklist Amerika, Huawei China Rakit Ponsel Terbaru Tanpa Komponen AS
Huawei @Pixabay.com

REINHA.com – Setelah dimasukan dalam daftar hitam AS, raksasa telekomunikasi China, Huawei berhasil membuat perangkat tanpa menggunakan komponen dari Amerika. Huawei menggantikannya dengan komponen yang bersumber dari tempat lain.

Dikutip dari RT, menurut analisis dari UBS dan perusahaan teknologi Jepang Fomalhaut Techno Solutions, yang dilihat oleh Wall Street Journal, ponsel terbaru Huawei tidak memiliki komponen AS.

(Baca juga: Google Search Menambahkan Feed Berita Di Homepage Mobile)

“Ketika Huawei keluar dengan ponsel kelas atasnya – dan merupakan andalannya – dengan tanpa menggunakan konten AS, itu pernyataan yang besar dan menarik” analis Grup Internasional Susquehanna, Christopher Rolland mengatakan kepada Journal.

International Business Strategies’ Handel Jones mengatakan bahwa “independensi pasokan AS menunjukkan bahwa strategi AS dalam mencoba mengisolasi Huawei tidak berfungsi.”

Huawei dan 68 afiliasinya ditempatkan pada Daftar Entitas AS pada bulan Mei, setelah dituduh oleh administrasi Trump sebagai mata-mata untuk China. Baik Beijing dan Huawei telah membantah semua tuduhan itu. Larangan dari Washington tersebut membuat perusahaan harus meminta izin untuk membeli komponen Amerika yang diperlukan untuk memproduksi produk-produknya.

Kemudian, Departemen Perdagangan AS melonggarkan beberapa batasan hingga Agustus, memungkinkan Huawei untuk memelihara dan memperbarui jaringan dan handset yang ada. Sejak itu telah diberikan dua ekstensi lagi.

Menurut laporan UBS-Fomalhaut, sejak Mei Huawei telah menambahkan sejumlah pemasok non-AS dan menggunakan komponen dari perusahaan yang berbasis di negara lain.

Analisis Fomalhaut menunjukkan bahwa perusahaan telah mengurangi ketergantungannya pada komponen Amerika di smartphone yang diluncurkan setelah Mei, termasuk perangkat Y9 Prime dan Mate. Laporan itu mengatakan bahwa perangkat Mate berisi chip yang dibuat oleh Dutch NXP Semiconductors sebagai pengganti yang dibuat oleh perusahaan AS Cirrus Logic.

“Semua 5G kami sekarang bebas dari Amerika,” kata pejabat keamanan cybersecurity Huawei John Suffolk kepada WSJ.

“Kami ingin terus menggunakan komponen Amerika. Ini bagus untuk industri Amerika. Ini bagus untuk Huawei. Itu telah diambil dari tangan kita. “

# Masuk Blacklist Amerika, Huawei China Rakit Ponsel Terbaru Tanpa Komponen AS

  • 7
    Shares