Iran Luncurkan Serangan Kedua Terhadap Aset AS Di Irak

Iran Luncurkan Serangan Kedua Terhadap Aset AS Di Irak
File Photo @Reuters/Nazanin Tabatabaee Yazdi

REINHA.com – Iran telah meluncurkan satu lagi serangan rudal ke sejumlah fasilitas Amerika di Irak, menurut kantor berita semi-resmi Tasnim.

“Beberapa menit yang lalu [3:30 pagi waktu setempat] gelombang kedua serangan rudal Iran di pangkalan AS diluncurkan,” lapor outlet berita.

(Baca juga: PM Irak Desak Parlemen Untuk Mengakhiri Kehadiran Pasukan Asing)

Dikutip dari RT, Pentagon sebelumnya mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa “lebih dari selusin” rudal balistik Iran telah ditembakkan di pangkalan-pangkalan AS, termasuk pangkalan udara Al-Asad di Irak barat, dimana Pentagon bersumpah untuk “mengambil tindakan yang diperlukan” untuk melindungi personel Amerika di kawasan itu.

Beberapa rudal tambahan dilaporkan menembaki fasilitas AS lain di dekat kota Erbil, kata seorang jurubicara Pentagon kepada Reuters.

Serangan Iran tersebut sebagai tanggapan atas pembunuhan jenderal besar dan komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani, yang terbunuh dalam serangan AS di Baghdad akhir pekan lalu. Teheran menganggap pembunuhan itu sebagai aksi “terorisme internasional” dan berjanji akan membalas dendam.

Sebelumnya pada hari Selasa, parlemen Iran mengesahkan undang-undang yang menetapkan seluruh militer Amerika dan Pentagon sebagai “organisasi teroris,” dimana sebelumnya Washington melakukan hal yang serupa dengan Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) April lalu.

# Iran Luncurkan Serangan Kedua Terhadap Aset AS Di Irak

  • 9
    Shares