PM Irak Desak Parlemen Untuk Mengakhiri Kehadiran Pasukan Asing

PM Irak Desak Parlemen Untuk Mengakhiri Kehadiran Pasukan Asing
Tentara AS di bekas Pangkalan Udara Sather AS dekat Baghdad @Reuters/Mohammed Ameen

REINHA.com – Parlemen Irak telah memilih agar pasukan asing dipindahkan dari negara itu, mengindahkan seruan dari Perdana Menteri (PM) sementara Irak. Langkah itu dilakukan setelah pembunuhan AS atas seorang jenderal penting Iran dan seorang komandan milisi Irak.

Dikutip dari RT berbicara pada sesi darurat parlemen pada hari Minggu, Adil Abdul Mahdi mengatakan pihak Amerika memberi tahu militer Irak tentang rencana serangan udara beberapa menit sebelum dilakukan. Dia menekankan bahwa pemerintahnya menolak izin Washington untuk melanjutkan operasi.

(Baca juga: Krisis Vaksinasi, Manusia Rentan Terkena Virus Hewan Mematikan)

“Terlepas dari kesulitan internal dan eksternal yang mungkin kita hadapi, itu tetap yang terbaik untuk Irak secara prinsip dan praktis.”

Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds Iran, dan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil komandan Pasukan Mobilisasi Populer Irak, tewas oleh serangan pesawat tak berawak ketika konvoi mereka meninggalkan Bandara Internasional Baghdad pada Jumat pagi.

Perdana Menteri sementara Iran mengatakan setelah insiden itu, jelas bahwa kepentingan AS dan Irak untuk mengakhiri kehadiran pasukan asing di tanah Irak.

Mahdi mengatakan Soleimani sedang dalam perjalanan untuk menemuinya ketika serangan udara AS membunuh jenderal Iran tersebut.

Dimana Washington mengklaim pembunuhan Soleimani adalah tindakan membela diri yang dibenarkan oleh perencanaan serangan terhadap warga Amerika. Teheran menyebut AS sebagai terorisme internasional dan bersumpah untuk membalas kematian perwira militer tersebut.

Setelah serangan itu, AS menyarankan semua warga sipil Amerika untuk meninggalkan Irak. Pasukan koalisi pimpinan AS di Irak juga telah menangguhkan semua operasi pelatihan dan bertahan di pangkalan, bersiap untuk serangan balasan.

# PM Irak Desak Parlemen Untuk Mengakhiri Kehadiran Pasukan Asing

  • 7
    Shares