KLHK: Pemerintah Siapkan Terobosan Untuk Tingkatkan Produktivitas Hutan Produksi

KLHK: Pemerintah Siapkan Terobosan Untuk Tingkatkan Produktivitas Hutan Produksi
@KLHK

REINHA.com – Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menekankan bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah terobosan untuk meningkatkan produktivitas Hutan Produksi di Indonesia.

Diantaranya kemudahan investasi pemanfaatan Hutan Produksi, pengembangan usaha di Hutan Alam (HA) dan Hutan Tanaman Industri (HTI), pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan Jasa Lingkungan, kemudahan investasi industri dan ekspor produk hasil hutan, serta optimalisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

(Baca juga: 434 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata Tahun 2019)

Data KLHK menunjukkan PNBP tahun 2019 tercatat Rp. 2,73 trilyun, produksi kayu bulat dari HA sebanyak 6,77 juta m3, HTI sebanyak 36,23 juta m3, dengan total nilai investasi sebesar Rp. 128,14 trilyun.

Sementara itu produksi HHBK dari sektor non kayu meningkat signifikan sebesar 474.198 ton, ekspor hasil hutan senilai USD 11,64 milyar, dengan total tenaga kerja yang terserap dari sektor Hutan Produksi mencapai 388.974 tenaga kerja.

Ke depan, masih banyak terobosan yang ditempuh KLHK untuk mendukung industri hasil hutan, bioenergi, pangan, obat-obatan, kosmetika, kimia, dan pakan ternak.

Selain itu ada juga pengembangan sentra produksi rotan dan bambu, hingga pengembangan wisata alam dengan skema kerjasama KPH dan pihak ketiga.

# KLHK: Pemerintah Siapkan Terobosan Untuk Tingkatkan Produktivitas Hutan Produksi

  • 7
    Shares