Australia Paksa Facebook Dan Google Bayar Penerbit Berita Untuk Konten Di Negaranya

Australia Paksa Facebook Dan Google Bayar Penerbit Berita Untuk Konten Di Negaranya

lambang FB @Denis Charlet / AFP

REINHA.com – Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg memperingatkan bahwa konflik Australia dengan Facebook dalam beberapa pekan terakhir adalah “pertarungan proxy” bagi seluruh dunia, karena negara lain ingin bergabung dengan Canberra dalam memperkenalkan peraturan untuk perusahaan media sosial.

Frydenberg membuat pernyataan itu setelah Facebook membatalkan keputusannya untuk melarang semua konten berita dari halamannya Australia, larangan tersebut awalnya karena rancangan UU yang di buat Australia, dimana dalam rancangan tersebut memaksa Facebook dan Google membayar para penerbit berita untuk konten.

(Baca juga: India Temukan 240 Varian Baru Virus Corona Yang Mungkin Lebih Menular Dan Berbahaya)

Frydenberg, yang memimpin pembicaraan dengan Facebook, menguraikan bagaimana dia melihat beberapa minggu terakhir sebagai “pertarungan proxy” untuk negara lain di seluruh dunia yang mungkin berusaha untuk memberlakukan beberapa bentuk regulasi di Facebook, Google, atau perusahaan teknologi lainnya.

Facebook dan Google tidak menyembunyikan fakta bahwa mereka tahu mata dunia tertuju pada Australia, dan itulah sebabnya mereka berusaha mendapatkan kode yang bisa diterapkan.

Ketegangan meningkat antara Australia dan Facebook menjelang pertemuan yang berlangsung sepanjang akhir pekan, setelah perusahaan media sosial itu mengambil langkah drastis untuk membatasi akses ke konten berita dalam upaya untuk menyiasati usulan undang-undang, yang akan memaksa perusahaan teknologi untuk membayar.

(Baca juga: Kemenkes Dan Kemenag Gelar Vaksinasi Massal Covid- 19 Untuk 1000 Tokoh Lintas Agama)

Kanada telah mendukung proposal Australia, dengan mengatakan bahwa mereka menjadi negara berikutnya yang memberlakukan kebijakan pada raksasa teknologi. Pemerintah Inggris juga telah menunjukkan dukungannya untuk memaksa Facebook dan Google membayar berita.

Belum jelas kapan negara lain akan berusaha untuk memperkenalkan undang-undang tentang masalah ini.

# Australia Paksa Facebook Dan Google Bayar Penerbit Berita Untuk Konten Di Negaranya

  • 7
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.