BERITABerita Dunia

Gempa 7,3 SR Di Jepang Diyakini Sebagai Gempa Susulan 2011

Gempa 7,3 SR Di Jepang Diyakini Sebagai Gempa Susulan 2011

Gerbang runtuh terlihat di jalan di Koori, Prefektur Fukushima, pada 14 Februari 2021 @Kyodo

REINHA.com – Layanan Kereta dihentikan di sebagian besar wilayah timur laut Jepang pada hari Minggu, setelah lebih dari 100 orang terluka dalam gempa bumi. Gempa dahsyat tersebut pernah melanda daerah itu pada tahun 2011.

Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang Jepang sebelum tengah malam hari Sabtu. Dimana guncangan gempa tersebut membuat dinding-dinding retak, jendela pecah dan memicu tanah longsor di Fukushima, daerah yang paling dekat dengan pusat gempa.

(Baca juga: Oxford Akan Uji Coba Vaksin Covid- 19 Untuk Anak-Anak)

Dikutip dari JPost, Badan Meteorologi Jepang mengatakan, gempa itu diyakini sebagai gempa susulan dari gempa berkekuatan 9,0 skala Richter pada 11 Maret 2011 yang memicu tsunami dan kecelakaan nuklir terburuk di dunia dalam 25 tahun. Badan tersebut memperingatkan gempa susulan selama beberapa hari.

Gempa mengguncang gedung-gedung di ibu kota Jepang, Tokyo, yang jaraknya ratusan kilometer (mil).

Ratusan ribu bangunan kehilangan aliran listrik setelah gempa, yang melanda pada malam hari, listrik telah pulih sepenuhnya pada Minggu pagi.

Namun, beberapa ribu rumah tangga mengalami kesulitan air, dan penduduk mengantre dengan kendi plastik untuk menerima air dari truk.

Pemadaman listrik tidak memengaruhi vaksin Pfizer Inc COVID-19 yang tiba pada hari Jumat untuk inokulasi yang akan dimulai minggu ini, Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan pada konferensi pers Minggu pagi.

Sedikitnya 104 orang terluka, kata televisi nasional NHK, termasuk beberapa yang menderita patah tulang, tetapi tidak ada korban tewas dalam laporan tersebut. Tidak ada tsunami, dan tidak ada laporan penyimpangan di setiap pembangkit nuklir. NHK melaporkan bahwa sekitar 160 ml (5 ons) air telah bocor dari kolam bahan bakar bekas reaktor Fukushima Dai-Ni tetapi ini tidak menimbulkan bahaya.

Gempa tersebut menghidupkan kembali ingatan akan gempa besar tahun 2011, yang menghancurkan sebagian besar garis pantai Pasifik dan menewaskan hampir 20.000 orang.

Layanan kereta peluru Shinkansen ke sebagian besar wilayah utara Jepang ditunda karena kerusakan di sepanjang rel. Layanan di sepanjang satu jalur diperkirakan tidak akan pulih setidaknya hingga Selasa.

Gempa bumi sering terjadi di Jepang, salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Jepang menyumbang sekitar 20% gempa bumi di dunia dengan kekuatan 6 atau lebih besar.

# Gempa 7,3 SR Di Jepang Diyakini Sebagai Gempa Susulan 2011

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.