Media China Merilis Rekaman Dramatis Dari Bentrokan Perbatasan Mematikan Tahun Lalu Dengan India

Media China Merilis Rekaman Dramatis Dari Bentrokan Perbatasan Mematikan Tahun Lalu Dengan India

© AFP / CCTV

REINHA.com – Media China untuk pertama kalinya merilis rekaman bentrokan perbatasan yang mematikan antara China dan pasukan India di wilayah Himalaya Barat yang disengketakan pada Juni lalu. Insiden itu menewaskan empat tentara China dan 20 tentara India.

Rekaman insiden menunjukkan kekuatan besar pasukan India bergerak maju ke unit Tiongkok yang jauh lebih kecil saat melintasi sungai pegunungan.

(Baca juga: Wabah BUBONIC PLAGUE Serang Kongo, 31 Orang Meninggal)

Banyak tentara India yang dilengkapi dengan helm anti huru hara dan perisai bertuliskan ‘polisi’, dan memegang berbagai macam pentungan dan tongkat besi. China, rupanya mendapat bala bantuan, dengan sekelompok tentara dengan perlengkapan anti huru hara muncul untuk membantu rekan-rekan mereka yang tidak bersenjata.

Kesepakatan bilateral melarang pasukan dari kedua belah pihak untuk menggunakan senjata di perbatasan de facto, yang secara resmi dikenal sebagai Line of Actual Control (LAC), dan mereka diwajibkan untuk menggunakan persenjataan yang kurang canggih.

(Video: Bentrokan China dan India)

Tentara China dalam satu video menyalahkan eskalasi pada pasukan India, mengklaim mereka telah memindahkan tenda melintasi perbatasan. Rekaman tersebut juga berisi adegan perkelahian massal di malam hari antara kubu yang berlawanan, tetapi sulit untuk menentukan apa yang sebenarnya ditayangkan, mengingat kualitas video yang rendah. Kemudian secara singkat menunjukkan seorang prajurit Tiongkok yang terluka dengan kepala berlumuran darah menerima pertolongan pertama.

Ketegangan di wilayah yang jarang penduduknya telah meningkat antara China dan India sejak awal 2020, setelah New Delhi menuduh Beijing melanggar perbatasan de facto dan memasukkan pasukannya ke wilayah yang diklaim sebagai miliknya. China, pada bagiannya, dengan tegas menolak tuduhan tersebut, malah menyalahkan India atas ketegangan tersebut.

Kedua negara baru-baru ini mencapai kesepakatan dan saat ini menarik pasukan mereka dari perbatasan yang disengketakan. Eskalasi musim panas lalu adalah insiden paling mematikan antara China dan India dalam beberapa dekade. Kedua negara mengobarkan perang di wilayah itu pada tahun 1962, tetapi gagal untuk mendefinisikan perbatasan dengan benar setelahnya.

# Media China Merilis Rekaman Dramatis Dari Bentrokan Perbatasan Mematikan Tahun Lalu Dengan India

  • 8
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.