Naskah Laut Mati: Para Ahli Israel Umumkan Penemuan Luar Biasa Dan Langka Di Gurun Selatan Yerusalem

Naskah Laut Mati: Para Ahli Israel Umumkan Penemuan Luar Biasa Dan Langka Di Gurun Selatan Yerusalem

File foto: Fragmen Gulungan Naskah Laut Mati di laboratorium Yerusalem pada tanggal 2 Juni 2020 © MENAHEM KAHANA / AFP

REINHA.com – Otoritas Kepurbakalaan Israel telah mengumumkan penemuan rangkaian baru fragmen kuno dari gulungan kitab suci, ditemukan dengan sempurna diawetkan di sebuah gua di cagar alam Gurun Yudea.

Naskah Laut Mati yang asli ditemukan lebih dari 70 tahun yang lalu, dan harta karun terbaru ini digembar-gemborkan sebagai penemuan “luar biasa dan langka” oleh otoritas, yang merilis video operasi untuk memulihkan artefak tersebut.

(Baca juga: Penelitian: Wanita Zaman Perunggu Lebih Kuat Dan Mungkin Memegang Kekuasaan)

Diberitakan RT, pekerjaan di situs, yang terletak di gurun selatan Yerusalem, telah berlangsung sejak 2017, dan para arkeolog senang menemukan bahwa kondisi di dalam gua telah dengan sempurna mengawetkan gulungan dan dokumen kuno lainnya.

Artefak yang baru ditemukan berisi baris teks Yunani dari kitab Zakharia dan Nahum, dan telah diberi tanggal radiokarbon hingga abad kedua Masehi. Mereka diyakini milik seperangkat fragmen perkamen yang ditemukan di situs yang dikenal sebagai Gua Horor, di mana sekitar 40 kerangka manusia ditemukan selama penggalian pada 1960-an.

Gulungan Laut Mati asli adalah serangkaian naskah kuno yang ditemukan pada tahun 1940-an dan 1950-an yang diyakini berasal dari abad ketiga SM dan abad pertama M. Mereka termasuk salinan paling awal dari teks-teks alkitabiah tertentu.

Tempat penyimpanan suci itu diyakini awalnya milik para pemberontak yang melarikan diri ke gua-gua pada akhir Pemberontakan Bar Kokhba, pemberontakan bersenjata Yahudi melawan Kekaisaran Romawi selama pemerintahan Kaisar Hadrian, antara 132 dan 136 Masehi.

Di antara harta karun kuno lainnya yang digali adalah sekumpulan koin, kerangka seorang anak berusia 6.000 tahun yang sebagian dimumikan yang dibungkus kain, dan apa yang diklaim oleh Otoritas Purbakala sebagai keranjang utuh tertua yang pernah ditemukan.

# Naskah Laut Mati: Para Ahli Israel Umumkan Penemuan Luar Biasa Dan Langka Di Gurun Selatan Yerusalem

  • 16
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.