Ridwan Kamil: Bali Kirim 60 Ton Sampah Botol Plastik Tiap Bulan Ke Jawa Barat

Ridwan Kamil: Bali Kirim 60 Ton Sampah Botol Plastik Tiap Bulan Ke Jawa Barat

Ridwan Kamil: Bali Kirim 60 Ton Sampah Botol Plastik Tiap Bulan Ke Jawa Barat
@Ridwan Kamil

REINHA.com – Sebanyak 60 ton sampah botol plastik setiap minggunya dikirim dari Bali ke Jawa Barat. Sampah plastik tersebut kemudian diolah oleh teknologi cangih untuk digunakan kembali.

Hal tersebut diungkap oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui akun media sosial miliknya.

“60 TON SAMPAH BOTOL PLASTIK kiriman dari Pulau Bali setiap minggu dikirim ke Jawa Barat untuk diolah oleh teknologi canggih di Padalarang untuk kembali menjadi botol air mineral.” Kata Ridwan Kamil.

(Baca juga: Polri Dalami Kewarganegaraan Jozeph Paul Zhang)

Lebih lanjut lagi Ridwan Kamil mengatakan teknologi canggih tersebut merupakan milik dari Namasindo Plas yang berlokasi di Padalarang. Dan fasilitas tersebut, satu-satunya fasilitas di Indonesia yang mengubah PET plastik dengan 5 tahap untuk kembali menjadi kemasan botol plastik siap pakai.

Ridwan Kamil pun mengajak masyarakat untuk membudayakan pilah dan kumpulkan sampah plastik. Dimana sampah plastik tersebut kemudian di kirimkan ke pabrik Namasindo Plas.

“Mari sekarang kita budayakan pilah dan kumpulkan sampah plastik, kirim ke pabrik Namasindo Plas ini, melalui beragam sistem koleksi sampah, salah satunya adalah Apps Octoous yang dimotori oleh Hamish Daud.”

Ekonomi sirkular (Circular economy) istilahnya untuk produk yang dipakai dalam sistem yang dijalankan oleh Namsindo Plas tersebut. Dimana sampah plastik dikumpulkan, didaur ulang oleh teknologi canggih menjadi produk yang sama persis. Dan kemudian dipakai lagi oleh konsumen.

Ridwan Kamil mengatakan pelestarian dan pengumpulan sampah plastik ini bisa menjadi ladang bisnis dimana, ada yang bisa menghasilakan uang dari 5 sampai 10 juta sebulan dari hasil mengumpulkan sampah tersebut kata Ridwan Kamil.

“CIRCULAR ECONOMY itulah istilahnya untuk produk yang dipakai konsumen, jadi sampah, dikumpulkan, dan didaur ulang oleh teknologi canggih menjadi produk yang sama persis. Dan kemudian dipakai lagi oleh konsumen. Jadi berputar tidak nyampahi lautan. Pelestari atau pengumpul sampah botol plastik ini ada yang penghasilannya 5-10 juta sebulan. Tertarik?”

# Ridwan Kamil: Bali Kirim 60 Ton Sampah Botol Plastik Tiap Bulan Ke Jawa Barat

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.