BERITABerita Dunia

Bayi Orangutan Ditemukan Kaku Di Dalam Kardus

Bayi Orangutan Ditemukan Kaku Di Dalam Kardus

Bayi Orangutan Ditemukan Kaku Di Dalam Kardus

REINHA.com – Tim penyelamat dari International Animal Rescue menemukan seekor bayi orangutan di dalam kotak kardus di sebuah desa di Kalimantan Barat. Bayi orangutan itu meringkuk tak bergerak dengan bulu yang rontok dan kulit yang pucat. Saat itu tim mengira bayi malang itu sudah mati.

Namun setelah diperiksa, ternyata bayi orangutan yang kemudian diberi nama Gito itu, masih hidup. Gito segera dibawa ke pusat rehabilitasi orangutan di Ketapang, Kalimantan Barat untuk mendapatkan perawatan medis. Saat ditemukan Gito dalam keadaan demam, hingga ia meringkuk dengan tangan dan kaki memeluk tubuhnya sendiri. (Lihat videonya disini)

Bayi orangutan berusia sekitar 3 bulan itu, diduga dengan sengaja dimasukkan ke dalam kotak kardus untuk disimpan sebagai hewan peliharaan oleh seorang warga Dusun Giet. Dia dibeli seharga kurang dari 500.000 rupiah dari seorang pria yang dipastikan telah membunuh induknya untuk mengambil dan menjual bayinya.

Gito disimpan di kotak kardus, basah karena air seninya sendiri dan hanya mendapat makanan berupa susu kental manis. Ia mengalami kurang gizi dan dehidrasi. Gito menderita kerontokan rambut yang disebabkan oleh pengelupasan kulit akibat kudis sarcoptic, penyakit kulit menular yang menyebabkan gatal dan iritasi.

Seperti dilansir Dailymail, 16 Oktober 2015, kebakaran hutan di wilayah Ketapang membuat banyak orangutan melarikan diri dari alam liar. Sebagai akibatnya, mereka terancam mati kelaparan, dibunuh atau ditangkap oleh penduduk yang mencari keuntungan dengan menjual mereka sebagai hewan peliharaan. Oleh karena itu tim International Animal Rescue masih harus bekerja keras untuk menyelamatkan mereka. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.