BERITABerita Dunia

Seniman Ciptakan Gambar Semesta Yang Menakjubkan

Seniman Ciptakan Gambar Semesta Yang Menakjubkan

Seniman Ciptakan Gambar Semesta Yang Menakjubkan

REINHA.com – Seperti apa rupa alam semesta secara keseluruhan dari planet bumi hingga galaksi Andromeda? Rasa penasaran itu akhirnya hilang setelah seorang seniman sekaligus musisi asal Amerika Selatan bernama Pablo Carlos Budassi menciptakan peta logaritmik yang mencakup gambar seluruh alam semesta.

Pablo menciptakan peta logaritmik yang menakjubkan dari seluruh alam semesta menjadi satu gambar. Gambar tersebut berpusat pada tata surya milik galaksi bima sakti, dikelilingi oleh Sabuk Kuiper, Oort Cloud, serta galaksi Andromeda. Gambar dilingkari oleh cincin plasma tak terlihat yang disebabkan oleh Big Bang.

Seperti dilansir Dailymail, 5 Januari 2016, ide pembuatan peta tersebut didapatkan Pablo saat ia membuat gambar hexaflexagons untuk ulang tahun anaknya dan menyadari bahwa gambar tersebut terlihat seperti kosmos.

Ia kemudian menciptakan peta logaritmik yang memvisualisasikan seluruh alam semesta dengan didasarkan peta logaritmik yang diciptakan para peneliti di Princeton University berdasarkan data 3 juta benda ruang angkasa dari survei Sloan Digital Sky, dan gambar-gambar lain dari semesta yang diambil oleh teleskop NASA.

“Hari itu ide pandangan logaritmik datang dan pada hari-hari berikutnya saya bisa [merakit] dengan photoshop menggunakan gambar dari NASA dan beberapa tekstur yang dibuat oleh saya sendiri” ungkap Pablo.

Logaritma membantu kita memahami jumlah besar, dan dalam hal ini, jarak yang sangat jauh. Daripada menampilkan semua bagian dari alam semesta pada skala linear, setiap potongan lingkaran merupakan bidang pandang beberapa kali lipat lebih besar dari yang sebelumnya. Hal ini memungkinkan seluruh alam semesta teramati untuk muat di dalam satu gambar lingkaran. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.