OLAHRAGA

Mengenal Zahra Nemati, Pemanah Wanita Iran Yang Menjadi Inspirasi Dunia

Mengenal Zahra Nemati, Pemanah Wanita Iran Yang Menjadi Inspirasi Dunia

Mengenal Zahra Nemati, Pemanah Wanita Iran Yang Menjadi Inspirasi Dunia

REINHA.com – Zahra Nemati adalah salah satu wanita yang memegang posisi unik dalam sejarah dunia Olimpiade. Dia adalah satu-satunya wanita Iran yang memegang medali emas di Olimpiade. Dia memenangkan emasnya di Olimpiade 2012 di London. Dan sekarang di Olimpiade Rio dia juga mengambil panggung memanah.

Seorang atlet yang tomboy Nemati menjelaskan tentang dirinya dalam sebuah wawancara, sebuah kecelakaan mengubah hidupnya, namun kekuatan baru datang untuknya, terpancar melalui bidikan anak panah yang membuahkan keberhasilan.

Nemati adalah seorang atlet yang menjadi inspirasi. Dalam sebuah wawancara untuk Tehran Times, ia mengatakan untuk orang-orang cacat memenangkan medali emas itu sulit. Jadi, saya tahu saya bisa membuat dampak besar pada orang lain sebagai atlet penyandang cacat dan ini adalah kemenangan besar bagi saya. ”

Dalam memenangkan Panahan emas di London 2012 Paralympic Games, Zahra Nemati membuat sejarah dengan menjadi wanita Iran pertama yang memenangkan medali emas di kedua Olimpiade atau Paralimpiade.

Keberhasilannya di London membuat dirinya menjadi sorotan media di Iran. Dimana dirinya bukan hanya mengubah pikiran orang lain tentang persepsi kecacatan namun telah menginspirasi perempuan lain untuk ambil bagian dalam olahraga.

Lahir pada bulan April tahun 1985, Nemati telah memiliki sabuk hitam Taekwondo sebelum dia terlibat dalam kecelakaan pada tahun 2004 dengan cedera tulang belakang.

Dua tahun setelah kecelakaan itu, dia terjun ke dunia memanah dan membuktikan kepada semua orang bahwa ketebatasan tidak menjadi penghambat.

Enam bulan setelah itu ia mengambil bagian dalam Kejuaraan Nasional, bersaing bersama pemanah lainnya. Dia kemudian diundang untuk bergabung dengan tim nasional panahan dan telah memenangkan medali di setiap Kejuaraan.

Sayang dalam kejuaran Olimpiade Rio 2016 ini, dia harus mengakui keunggulan lawannya Inna Stepanova dari Rusia. Zahra Nemati kalah dengan skor 6-2.(jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.