BERITABerita Dunia

Arkeolog Temukan Makam Berusia 3.500 Tahun Di Mesir

Arkeolog Temukan Makam Berusia 3.500 Tahun Di Mesir

REINHA.com – Sebuah makam yang penuh dengan koleksi mumi dan barang antik milik seorang pandai emas kerajaan ditemukan di Mesir. Makam berusia lebih dari 3.500 tahun itu ditemukan di area pemakaman pada bangsawan yang dikenal dengan nama Lembah Para Raja di Luxor Selatan, Mesir.

Kementerian Antiquities mengidentifikasi makam tersebut milik seorang pandai emas bernama Amenemhat yang hidup dalam dinasti ke-18 di Mesir, sekitar tahun 1400 SM. Amenemhat dan istrinya, Amenhotep, beserta anak laki-laki mereka beristirahat di dalam peti di makam tersebut.

Selain mumi-mumi, ditemukan juga sarkofagus, masker penguburan yang diukir kayu bersama dengan koleksi patung-patung, termasuk diantaranya patung Amenemhat dan patung istrinya Amenhoteb.

Koran Mesir Ahram melaporkan bahwa makam tersebut memiliki luas tujuh meter. Makam tersebut juga tampaknya telah digunakan kembali karena sarkofagus dari dinasti ke-21 dan ke-22 ditemukan di ruangan makam, menurut Menteri Antiquities Khaled Al-Anani.

Dalam sebuah pernyataan Al-Anani mengatakan bahwa situs tersebut mencakup halaman dan ceruk dengan patung pandai emas dan istri serta anaknya. Ada juga dua poros penguburan.

“Pekerjaan belum selesai dan kami akan melanjutkan pekerjaan untuk menemukan lebih banyak objek dan lebih banyak makam. Kami ingin surat kabar besok berbicara tentang Mesir dan membuat orang ingin berlibur ke Mesir” ucap Al-Anani. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.