Penyu Raksasa Ditemukan Di Pantai Spanyol

Penyu Raksasa Ditemukan Di Pantai Spanyol

REINHA.com – Seekor penyu laut raksasa berukuran panjang 2 meter ditemukan terdampar di pantai Spanyol, pada hari Selasa, 19 September 2017. Penyu yang diidentifikasi sebagai Penyu Belimbing tersebut memiliki bobot mencapai 700 kg dan merupakan salah satu jenis penyu yang langka di wilayah ini.

Penyu raksasa tersebut telah dipindahkan ke Fakultas Veteriner Universitas Otonomi Barcelona (UAB) untuk diautopsi. (Lihat Videonya Disini)

Menurut media lokal, ini merupakan penemuan kedua dalam sebulan terakhir di pantai Catalan, Costa del Maresme, Barcelona. Sebelumnya, penyu belimbing ditemukan terjerat dalam jala nelayan pada bulan Agustus lalu.

10 ekor penyu dari jenis penyu yang sama juga ditemukan terdampar di wilayah pantai Inggris dalam 2 bulan terakhir. Sayangnya sebagian besar penyu yang ditemukan sudah dalam keadaan mati.

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) merupakan penyu satu-satunya dari jenis Dermochelyidae yang hingga saat ini masih hidup. Penyu ini merupakan penyu terbesar dan di dunia, juga merupakan reptile keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya. Penyu belimbing dikenal oleh beberapa masyarakat dengan sebutan penyu raksasa, kantong atau mabo.

Penyu ini terutama ditemukan di laut terbuka, sejauh utara Alaska dan sejauh ujung selatan Afrika. Penampakan penyu belimbing baru-baru ini di Mediterania merupakan berita yang mengejutkan. Menurut para ahli biologi, tidak lebih dari 10 orang telah melihat penyu belimbing di daerah tersebut dalam 2.000 tahun terakhir.

Penyu belimbing terdaftar sebagai hewan laut yang terancam punah di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Federal AS dan ditandai sebagai ‘rentan punah’ oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam pada tahun 2013. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.