BERITABerita Dunia

Polisi Jepang Tangkap Ninja Pencuri Berusia 74 Tahun

Polisi Jepang Tangkap Ninja Pencuri Berusia 74 Tahun

REINHA.com – Serangkaian pencurian yang dilakukan oleh seorang pria berpakaian ninja membuat bingung petugas polisi di Jepang. Kebingungan berubah takjub saat polisi berhasil menangkap ninja gesit tersebut dan menemukan kenyataan bahwa pelaku adalah seorang kakek berusia 74 tahun.

Ninja pencuri ini telah beraksi selama lebih dari 8 tahun dan diduga telah melakukan lebih dari 250 pencurian berupa barang-barang dan uang tunai senilai total 30 juta yen (sekitar Rp. 3 M).

Pencuri beraksi dengan mengenakan pakaian serba hitam, bergerak gesit dan sangat sulit ditangkap. Satu-satunya petunjuk bagi polisi hanyalah rekaman keamanan yang menunjukkan aksi-aksinya. Layaknya kostum ninja, pencuri menutupi wajahnya hingga ke bagian hidung, sehingga polisi sulit mengenalinya.

Namun naas bagi ninja ‘profesional’ tersebut, pada bulan Mei lalu dia melakukan kesalahan fatal saat melancarkan aksinya. Tanpa sengaja penutup wajahnya melorot dan memperlihatkan wajah aslinya ke kamera keamanan. Ini mempermudah polisi untuk mendapatkan identitasnya.

Ninja pencuri tersebut diidentifikasi sebagai Mitsuaki Tanigawa yang sebelumnya pernah memiliki catatan kriminal pencurian. Polisi kemudian mengawasi keseharian Tanigawa untuk mendapatkan bukti yang kuat.

Seorang pejabat senior di Kantor Polisi Kawachi mengatakan bahwa penyidik melihat dia berjalan keluar dari rumahnya seperti pria tua lainnya di siang hari. Dia kemudian pergi ke sebuah kamar apartemen yang ditinggalkan di mana dia berubah dan menunggu sampai hari gelap.

“Ketika dia keluar dari dalam kegelapan, dia berpakaian seluruhnya hitam. Dia tidak berjalan melewati jalan biasa, melainkan melompati atap-atap rumah dan berlari di puncak tembok gedung-gedung” ucap pejabat polisi tersebut.

Karena tidak dapat mengejar Tanigawa saat dia sedang dalam misinya, polisi terpaksa menunggu dia kembali ke sarangnya. Polisi akhirnya menangkapnya pada jam 4 pagi setelah dia merampok sebuah toko elektronik.

“Jika saya masih muda, saya tidak akan tertangkap. Saya akan berhenti sekarang karena saya berusia 74 dan sudah cukup tua” kata pencuri tersebut, tidak melawan saat polisi menangkapnya. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.