KESEHATAN

Menteri Kesehatan India Sebut Kanker Sebagai Akibat Dari Dosa

Menteri Kesehatan India Sebut Kanker Sebagai Akibat Dari Dosa

Menteri Kesehatan India Sebut Kanker Sebagai Akibat Dari Dosa
Menteri Kesehatan Himanta Biswa Sarma / Getty Images

REINHA.com – Menteri Kesehatan negara bagian Assam, Himanta Biswa Sarma, mengatakan bahwa penyakit kanker adalah ‘keadilan dari Ilahi’ yang disebabkan oleh ‘dosa masa lalu si penderita’. Pernyataan tersebut mendapatkan reaksi kemarahan dari banyak warga di India.

“Tuhan membuat kita menderita ketika kita berbuat dosa. Kadang kita bertemu dengan pemuda yang terkena kanker atau pemuda yang mengalami kecelakaan. Jika Anda mengamati latar belakang mereka, Anda akan tahu bahwa itu adalah keadilan dari Ilahi”

“Tidak ada yang lain. Kita harus menderita dari keadilan tersebut” ucap Sarma, saat berbicara di sebuah acara public di Guwahati, pada hari Rabu, 22 November 2017.

(Baca juga: Bakteri Di Pencernaan Bantu Sembuhkan Kanker)

Pernyataan tersebut telah membuat marah banyak orang. Mereka mengungkapkan kemarahan mereka melalui postingan di akun media sosial mereka. Pasien kanker dan keluarga mereka mengatakan bahwa mereka merasa sedih dengan pernyataan menteri tersebut.

Partai oposisi negara bagian All India United Democratic Front telah menggambarkan komentar tersebut sebagai tindakan yang sangat “disayangkan”, dan menuntut permintaan maaf dari Sarma kepada publik.

Partai oposisi mengatakan bahwa Sarma telah membuat pernyataan tersebut untuk “menutupi kegagalannya dalam usaha mengendalikan penyebaran penyakit kanker di negara bagian Assam”.

(Baca juga: Pena Ini Dapat Deteksi Kanker Dalam Hitungan Detik)

Himanta Biswa Sharma, yang merupakan anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang memerintah India, kemudian memposting sebuah klarifikasi yang menantang di akun Twitternya. Klarifikasi tersebut malah menimbulkan kemarahan warga lebih jauh.

“Apa benar saya mengatakan itu tentang kanker? Siapa yang memberitahumu? Saya hanya meminta sekelompok guru baru untuk bekerja dengan tulus dan bekerja untuk orang miskin. Dalam konteks itu saya berpendapat bahwa jika kita tidak bekerja dengan tulus di kehidupan berikutnya, kita mungkin menghadapi karma yang dapat menyebabkan penderitaan. Apa yang tidak sensitif dengan hal ini?” tulisnya.

Penelitian oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) mengatakan bahwa kurangnya kesadaran dan pengujian berarti hanya 12,5% pasien yang datang untuk perawatan pada tahap awal penyakit ini.

Diperkirakan jumlah kasus kanker baru atau kejadian di negara tersebut akan tumbuh sebesar 25% pada tahun 2020, laporan tersebut menambahkan.

# Menteri Kesehatan India Sebut Kanker Sebagai Akibat Dari Dosa (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.