BERITABerita Dunia

Kapal Hantu Terdampar Di Jepang, Ada 8 Mayat Di Dalamnya

Kapal Hantu Terdampar Di Jepang, Ada 8 Mayat Di Dalamnya

Kapal Hantu Terdampar Di Jepang, Ada 8 Mayat Di Dalamnya
Ghost Ship / Reuters

REINHA.com – Penemuan yang mengejutkan baru-baru ini terjadi di prefektur Akita Utara, Jepang. Sebuah kapal kayu ‘tanpa awak yang hidup’ terdampar di pantai, atau yang biasa disebut dengan nama ‘kapal hantu’. Di dalam kapal tersebut terdapat 8 mayat dengan kondisi tubuh yang rusak parah.

Kapal kayu tersebut berukuran sekitar 7 meter (23 kaki). Kapal nampaknya telah mengalami kesulitan selama di tengah lautan. Petugas menemukan bahwa kapal tersebut telah kehilangan pisau rotor dan perangkat navigasi. 8 mayat yang ditemukan di dalamnya, beberapa mengalami patah tulang.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa penjaga pantai menduga kapal tersebut dan awaknya berasal dari Korea Utara. Dan mereka adalah nelayan yang sedang mencari ikan dengan menggunakan peralatan seadanya dan kapal yang buruk.

Penemuan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian kejadian serupa. Kapal hantu tersebut terdampar pada hari Senin, 27 November 2017, beberapa hari setelah sekelompok pria yang mengaku sebagai nelayan asal Korea Utara juga terdampar di pantai kota Yurihonjo, Jepang.

Mereka mengaku sebagai nelayan Korea Utara yang sedang memancing cumi-cumi dan akhirnya terbawa ombak ke perairan Jepang saat kapal kayu mereka mengalami kesulitan.

(Baca juga: Korsel Akan Membeli Kapal Selam Tenaga Nuklir Dari AS)

Kantor berita Reuters juga melaporkan bahwa dua mayat ditemukan akhir pekan lalu di pulau Sado, dengan sebungkus rokok Korea Utara dan barang-barang lainnya dengan huruf Korea.

Jepang secara teratur melihat kapal nelayan Korea Utara menyimpang ke wilayahnya, dan penjaga pantai kadang-kadang harus menyelamatkan nelayan yang mengalami kesulitan.

Wartawan BBC Celia Hatton mengatakan bahwa kemunculan ‘kapal hantu’ dianggap sebagai konsekuensi dari upaya Korea Utara untuk memuaskan rasa lapar dengan menuntut kuota besar makanan laut.

Pemerintah Korea Utara memaksa para nelayan untuk menaiki kapal-kapal yang kekurangan tenaga dan melakukan perjalanan jauh ke laut. Mereka tidak memiliki peralatan untuk mengeluarkan peringatan bahaya jika kapal mereka mengalami masalah.

# Kapal Hantu Terdampar Di Jepang, Ada 8 Mayat Di Dalamnya (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.