KESEHATAN

TBC Paru Menular Namun Bisa Disembuhkan

TBC Paru Menular Namun Bisa Disembuhkan

TBC Paru Menular Namun Bisa Disembuhkan
TBC Paru – @ureport

REINHA.com – Tubercolosis (TBC) paru merupakan penyakit infeksius yang ditimbulkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tubercolosa.

Nama tubercolosis berasal dari kata tubercel yang berarti tonjolan kecil dan keras yang terbentuk waktu sistem kekebalan membangun tembok mengelilingi bakteri dalam paru. TB paru ini bersifat menahun dan secara khas ditandai oleh pembentukan granuloma dan menimbulkan nekrosis jaringan.

TB paru akan sangat mudah ditularkan bila kondisi fisik / sistem imun sesorang sedang menurun. Keadaan lingkungan yang kumuh dan padat penduduk, sanitasi yang buruk hingga kurangnya asupan gizi merupakan faktor resiko tinggi terjadinya penyakit ini.

(Baca juga: Waspadai Tekanan Darah Tinggi (Preeklampsia) Saat Hamil)

Saat seorang penderita TBC paru batuk ataupun bersin, disaat itulah penyebaran penyakit ini terjadi. Data WHO sendiri menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.

(Baca juga: Lima Cara Alami Tingkatkan Energi Dalam Beraktivitas)

Seseorang yang telah terinfeksi kuman Mycobacterium tubercolosa akan memperlihatkan gejala-gejala berupa :

1. Batuk lama baik itu disertai dengan dahak ataupun tidak
2. Sesak nafas karena sumbatan bronchus
3. Jika terdapat cairan di selaput rongga dada akan menyebabkan nyeri dada
4. Demam yang berkepanjangan
5. Penurunan berat badan
6. Sering berkeringat malam tanpa dipengaruhi oleh cuaca
7. Tubuh terasa lemas

Bila sesorang mengalami gejala – gejala seperti di atas, maka bersegeralah untuk melakukan pemeriksaan dahak / sputum, laboratorium dan radiologi. Saat ini dengan hanya pemeriksaan dahak / sputum sudah bisa diketahui positif atau tidaknya seseorang yang dicurigai terinfeksi kuman Mycobacterium tuberculosa.

Pengobatan pada seseorang yang positif TB paru memakan waktu selama 6 bulan yaitu dengan rutin mengkonsumsi OAT (Obat Anti Tubercolosis) dengan tujuan untuk menyembuhkan, mencegah kekambuhan, mencegah terjadinya retensi kuman karena OAT, mencegah kematian dan memutuskan rantai penularan. Tingkat kepatuhan dalam meminum obat, kesabaran dan dukungan keluarga sangatlah penting untuk kesuksesan terapi penyakit ini.

# TBC Paru Menular Namun Bisa Disembuhkan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.