BERITABerita Dunia

Korea Utara Membuka Jalur Perbatasan Dengan Korea Selatan

Korea Utara Membuka Jalur Perbatasan Dengan Korea Selatan

Korea Utara Membuka Jalur Perbatasan Dengan Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un – @KCNA/Reuters

REINHA.com – Tampaknya, mengikuti petunjuk awal dialog dengan Korea Selatan, pimpinan Korea Utara Kim Jong-un memerintahkan untuk membuka kembali jalur perbatasan dengan Seoul untuk negosiasi, menurut sebuah laporan dari televisi.

Diskusi tersebut akan berfokus pada pengiriman atlet Korea Utara ke Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang, Korea Selatan bulan depan, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh seorang pejabat Utara yang tidak disebutkan namanya.

(Baca juga: Peringatkan Dunia Akan Kejamnya Perang, Vatikan Sebar Foto Korban Nagasaki)

Korea Utara akan membuka dialog pada pukul 15.00 waktu Pyongyang di desa perbatasan bersama Panmunjom, kata pernyataan tersebut seperti yang dikutip oleh Yonhap.

Kim Jong-un mengatakan bahwa dia terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Seoul dalam pidato Tahun Baru, dengan mengatakan bahwa kedua Korea harus “menurunkan ketegangan militer di Semenanjung Korea untuk menciptakan lingkungan yang damai.” Kim menambahkan bahwa upaya harus dilakukan oleh “baik Utara maupun Selatan.”

Kantor kepresidenan Seoul menyambut baik pesan rekonsiliasi tersebut, dan menteri unifikasi tersebut menyarankan agar mengadakan perundingan minggu depan di zona demiliterisasi di sepanjang perbatasan antar-Korea.

Belum ada komunikasi antar-Korea sejak Februari 2016, ketika Pyongyang memotong saluran tersebut untuk memprotes penutupan Seoul di sebuah kompleks industri gabungan yang mempekerjakan warga Korea Utara.

# Korea Utara Membuka Jalur Perbatasan Dengan Korea Selatan (jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.