BERITABerita Dunia

40 Sarkofagus Berusia 2000 Tahun Ditemukan Di Mesir

40 Sarkofagus Berusia 2000 Tahun Ditemukan Di Mesir

40 Sarkofagus Berusia 2000 Tahun Ditemukan Di Mesir
Mohamed Abd El Ghany / Reuters

REINHA.com – Tim arkeolog telah menemukan pemakaman kuno di Mesir yang dipenuhi puluhan atau mungkin ratusan sarkofagus (peti mati yang terbuat dari batu) berisi mumi dan ribuan artefak yang berusia sekitar 2000 tahun. Setidaknya sebanyak 40 sarkofagus telah di eksplorasi, dan banyak lagi yang masih belum terjamah.

Nekropolis besar atau pemakaman kuno itu ditemukan di selatan Kairo, dekat situs arkeologi Tuna al-Gabal yang merupakan rumah bagi berbagai makam kuno. Necropolis ini diyakini berasal dari masa Firaun akhir sampai periode Ptolemeus awal.

(Baca juga: Lukisan Gua Berumur 65.000 Tahun Ditemukan Di Spanyol)

Para arkeolog menyebutkan bahwa penemuan 40 sarkofagus ini hanyalah awal dari serangkaian penemuan besar di situs tersebut. Diperkirakan akan membutuhkan waktu lima tahun untuk menggali seluruh area makam.

“Itu baru awal penemuan baru. Saya rasa kami memerlukan setidaknya lima tahun untuk bekerja di necropolis tersebut” kata Menteri Urusan Antiquities Mesir, Khaled al-Anani, pada hari Sabtu, 24 Februari 2018.

Tim arkeolog mulai menggali daerah itu tahun lalu. Mereka telah menemukan makam para imam Thoth, dewa bulan dan para bijaksana.

“Terdapat delapan poros dengan delapan makam berisi peti mati dan setidaknya empat puluh peti mati batu terbuat dari batu gamping, Dan saya percaya ini akan menjadi daerah yang sangat menjanjikan” kata Dr. Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Agung.

Salah satu makam memiliki lebih dari 1.000 patung dan guci canopic alabaster yang berukir tulisan hieroglif. Ini dirancang untuk menampung organ mumi imam besar Thoth. Mumi imam juga ditemukan, dihiasi dengan manik-manik dan lembaran perunggu.

Puluhan sarkofagus tersebut diyakini milik anggota keluarga pendeta. Peti mati memiliki hieroglif nama keluarga mereka. Makam lain yang baru ditemukan juga berisi patung-patung imam kuno, beberapa peti mati dan artefak lainnya.

Pemerintah Mesir berharap penemuan terbaru ini akan mendorong sektor pariwisata, yang walaupun membaik, belum pernah pulih ke tingkat yang terlihat sebelum Musim Semi Arab pada tahun 2011.

# 40 Sarkofagus Berusia 2000 Tahun Ditemukan Di Mesir

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.