KESEHATAN

Studi: Berendam Air Hangat Membakar Banyak Kalori

Studi: Berendam Air Hangat Membakar Banyak Kalori

Studi: Berendam Air Hangat Membakar Banyak Kalori
Getty Images

REINHA.com – Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Loughborough, Inggris, menemukan fakta yang mengejutkan. Ternyata berendam di bak air hangat dapat membakar lebih banyak kalori tubuh, bahkan sama banyaknya dengan kalori yang terbakar dari berjalan selama 30 menit.

Tim peneliti di universitas ini melakukan tugas berat untuk memastikan kebenaran teori ini. 14 anggota tim dibagi dalam dua kelompok dan menjalani dua tes yang berbeda, kelompok pertama bersepeda selama satu jam dan kelompok kedua berendam santai di bak berisi air hangat selama satu jam.

(Baca juga: Berenang Di Laut Tingkatkan Risiko Terserang Berbagai Penyakit)

Secara keseluruhan, bersepeda memang membakar lebih banyak kalori daripada berendam. Namun para peneliti menemukan sesuatu yang agak mengejutkan, bersantai di bak mandi panas selama satu jam dapat membakar 130 kalori. Jumlah yang sama dengan jumlah kalori yang akan anda bakar dalam setengah jam berjalan.

Kabar baik lainnya, para peneliti juga mengatakan bahwa bersantai di bak mandi berisi air hangat memiliki manfaat yang sama dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Peneliti juga menemukan beberapa temuan tambahan dalam studi mereka. Gula darah semua peserta juga dilacak selama 24 jam setelah tes, dan ditemukan bahwa gula darah puncak sekitar 10 persen lebih rendah saat mandi air hangat. Mandi air hangat sepertinya juga memiliki efek yang sama seperti olah raga termasuk dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Gagasan pemanasan pasif sebagai perawatan medis relatif baru, dan saat ini hanya populer di Finlandia. Sebuah studi di jurnal JAMA Internal Medicine dari tahun 2015 menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di sauna dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular.

Satu hal yang perlu diperhatikan, semua peserta penelitian ini adalah laki-laki, dan mengingat bahwa tubuh laki-laki dan perempuan dapat bertindak dengan cara yang berbeda secara drastis, mungkin ada beberapa variasi dalam hasilnya.

# Studi: Berendam Air Hangat Membakar Banyak Kalori

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.