BERITABerita Dunia

Surat Mahatma Gandhi Tentang Yesus Dijual Di AS

Surat Mahatma Gandhi Tentang Yesus Dijual Di AS

Surat Mahatma Gandhi Tentang Yesus Dijual Di AS
GETTY IMAGES

REINHA.com – Sebuah surat yang ditulis oleh tokoh tersohor asal India, Mahatma Gandhi, saat ini dipamerkan untuk dijual oleh Raab Collection yang berbasis di Pennsylvania, Amerika Serikat. Surat tersebut berisi tentang pandangan Gandhi mengenai Yesus Kristus.

Surat tersebut ditandatangani oleh Gandhi dan tertanggal 6 April 1926. Surat ditujukan kepada Milton Newberry Frantz, seorang tokoh agama terpandang di AS pada saat itu. Gandhi menulis surat sebagai tanggapan surat dari Frantz yang memintanya untuk membaca sebuah publikasi tentang kekristenan.

(Baca juga: Media China: Hubungan Mesra AS Dan Taiwan Bisa Memicu Perang)

Dalam surat balasan tersebut Gandhi menyebutkan bahwa Yesus adalah salah satu guru terbesar bagi umat manusia.

“Sahabatku, saya telah menerima surat Anda. Saya khawatir bahwa tidak mungkin untuk saya menganut kepercayaan yang Anda kirimkan kepada saya. Penganut kepercayaan dibuat percaya bahwa manifestasi tertinggi dari realitas yang tak terlihat adalah Yesus Kristus. Terlepas dari semua usaha saya, saya belum bisa merasakan kebenaran dari pernyataan itu”

Surat Mahatma Gandhi Tentang Yesus Dijual Di AS
Gandhi menulis bahwa Yesus adalah salah satu guru terbesar manusia – RAAB COLLECTION

“Saya belum dapat bergerak melampaui keyakinan bahwa Yesus adalah salah satu guru besar umat manusia. Tidakkah Anda berpikir bahwa persatuan agama tidak dimiliki oleh penganut atas kepercayaan bersama tetapi dengan semua menghormati kepercayaan masing-masing?” tulis Gandhi dalam surat tersebut.

Gandhi, pemimpin kemerdekaan ikonik, dipuja di India dan dikenal sebagai ayah dari negara ini. Dia adalah seorang Hindu, yang banyak menulis tentang filosofi dan ajaran agama.

Surat tersebut telah menjadi koleksi pribadi selama beberapa dekade terakhir, namun kini ditawarkan kepada siapapun yang berminat dengan harga $ 50.000 (atau sekitar Rp. 675.000.000).

# Surat Mahatma Gandhi Tentang Yesus Dijual Di AS (jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.