Sejumlah Penyebab Kanker Ini Ternyata Hanya Mitos

Sejumlah Penyebab Kanker Ini Ternyata Hanya Mitos

Sejumlah Penyebab Kanker Ini Ternyata Hanya Mitos
Getty Images

REINHA.com – Sudah menjadi kepercayaan bagi sebagian besar masyarakat dunia bahwa kanker dapat disebabkan oleh hal-hal sepele seperti makan dan minum dari wadah plastik, penggunaan oven microwave, dan frekuensi elektromaknetik. Namun penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa hal-hal tersebut hanya mitos.

Sebuah penelitian di Inggris melakukan survei terhadap 1.330 orang untuk mencari tahu pengetahuan masyarakat mengenai penyebab kanker.

Para peneliti dari Universitas College London dan Universitas Leeds melakukan survei dan menemukan bahwa 88 % peserta survei benar menganggap merokok sebagai faktor utama penyakit kanker. Begitu juga dengan penyebab kanker lainnya seperti kelebihan berat badan dan paparan berlebihan dari radiasi sinar UV.

Namun para peneliti juga menemukan bahwa peserta survei memilih sejumlah penyebab kanker sebenarnya hanya mitos dan tidak terbukti secara ilmiah. Sejumlah penyebab kanker ini marak dipercaya di kalangan masyarakat, tidak hanya di Inggris, tetapi juga di seluruh dunia.

(Baca juga: Penelitian: Penderita Kanker Akibat Obesitas Mengalami Peningkatan)

Para peneliti menyebutkan bahwa mereka menemukan lebih dari 40% peserta survei berpikir salah dengan menganggap stress dan kecanduan makanan tertentu dapat menyebabkan kanker.

35% peserta survei salah mempercayai bahwa frekuensi elektromagnetik dan makan makanan hasil rekayasa genetika juga dapat menyebabkan kanker. Sementara 19% peserta survei berpikir bahwa kanker disebabkan oleh penggunaan oven microwave dan 15% mengatakan kanker juga disebabkan oleh kebiasaan makan dan minum dari wadah plastik.

“Sangat mengkhawatirkan melihat begitu banyak orang mempercayai faktor-faktor penyebab kanker yang tidak memiliki bukti yang meyakinkan” ucap Dr. Samuel Smith, dari Universitas Leeds.

“Dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, tampaknya jumlah orang yang percaya pada penyebab kanker yang belum terbukti telah meningkat sejak awal abad ini, yang bisa menjadi hasil dari perubahan cara kami mengakses berita dan informasi melalui internet dan media sosial”

“Sangat penting untuk meningkatkan pendidikan publik tentang penyebab kanker jika kita ingin membantu orang membuat keputusan tentang kehidupan mereka dan memastikan mereka tidak mengkhawatirkan yang tidak perlu” lanjut Dr. Smith.

# Sejumlah Penyebab Kanker Ini Ternyata Hanya Mitos (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.