BERITABerita Dunia

Tanaman Kincir Air Tangkap Serangga 10 Kali Lebih Cepat

Tanaman Kincir Air Tangkap Serangga 10 Kali Lebih Cepat

Tanaman Kincir Air Tangkap Serangga 10 Kali Lebih Cepat
PLANT BIOMECHANICS GROUP FREIBURG

REINHA.com – Dalam penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan asal Jerman, menemukan bahwa tanaman karnivora (pemakan daging) dengan nama Aldrovanda Vesiculosa atau dikenal juga sebagai tanaman kincir air, mampu menangkap mangsanya sepuluh kali lebih cepat daripada tanaman karnivora Venus Flytrap.

Tanaman ini dinamakan kincir air karena memang memiliki bentuk seperti kincir. Berbeda Dengan tanaman karnivora lainnya, kincir air hidup di dalam air. Namun daun-daunnya yang juga merupakan perangkap mengapung di atas air untuk menjebak serangga.

Para ilmuwan sebelumnya telah memperkirakan kecepatan tanaman kincir air, namun baru kali ini menandai pergerakannya secara rinci.

(Baca juga: Ilmuwan Wanita Ini Ciptakan Biofuel Dari Bakteri)

Penelitian dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Freiburg, Jerman, dengan memicu perangkap tanaman menggunakan stimulus listrik. Mereka kemudian merekam proses penangkapan dengan menggunakan kamera berkecepatan 1000 fps.

“Ini sangat, sangat kecil dan sangat, sangat cepat. Ini pada dasarnya menempatkan pada batas-batas resolusi optik” ucap Anna Westermeier, ilmuwan yang memimpin penelitian.

Para ilmuwan menyadari bahwa perangkap berada dalam keadaan pra-stres konstan, tegang hingga menutup seperti perangkap beruang. Dan ketika dipicu oleh mangsa, mereka dengan cepat melepaskan dan menutup berdasarkan oleh kombinasi hidrolika dan pelepasan pra-stres. Metode ini berbeda dengan menutupnya perangkap pada Venus Flytrap.

Ukuran perangkap tanaman ini sekitar 2-4 mm, hanya sepersepuluh dari ukuran perangkat milik tanaman Venus Flytrap. Tapi yang membuat tanaman ini unik dan luar biasa, karena mampu menutup hanya dalam waktu 0,02-0,1 detik, 10 kali lebih cepat dari Venus Flytrap.

# Tanaman Kincir Air Tangkap Serangga 10 Kali Lebih Cepat (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.