Apa Itu TORCH Dan Pengaruhnya Terhadap Kehamilan

Apa Itu TORCH Dan Pengaruhnya Terhadap Kehamilan
Ilustrasi @u-report

REINHA.com – Selama kehamilan penting bagi seorang ibu untuk menjaga kesehatannya dan si buah hati. Perlunya perhatian lebih selama menjalani kehamilan dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan.

Seorang ibu hamil berpotensi mengalami infeksi TORCH. TORCH adalah akronim atau singkatan dari beberapa infeksi yaitu :

T : Toxoplasmosis atau toxoplasma gondii
O: Other infection atau infeksi lainnya yang meliputi Chlamydia, HIV, Sifilis
R: Rubella
C: Cytomegalovirus
H: Herpes Simplex

Ragamnya penyakit infeksi yang bisa menyerang ibu hamil kerap kali mengakibatkan kecacatan pada bayi, kelahiran bayi prematur, penyakit bawaan lahir, gangguan pertumbuhan dan perkembangan hingga kematian janin.

(Baca juga: Gejala Dan Cara Mencegah Gangguan Pendengaran)

Kuman atau bakteri penyebab TORCH biasanya berasal dari makanan seperti daging yang pengolahannya tidak bersih ataupun tidak dimasak sampai matang, sayuran yang tidak dicuci dengan bersih, dan bisa terinfeksi karena hubungan seksual. Penularan TORCH ke janin melalu plasenta dengan efek yang ditimbulkan bervariasi tergantung dari berat ringannya infeksi.

• Toxoplasma
Toxoplasma berasal dari parasit Toxoplasma gondii, biasanya berasal dari kucing, anjing, burung dan hewan yang berbulu. Gejala Toxoplasma mirip dengan influenza. Toxoplasma sangat berbahaya bagi janin karena bisa menimbulkan cacat pada janin, bayi lahir dalam keadaan meninggal atau terjadi keguguran.
• Rubella (Campak Jerman)
Penyakit ini berasal dari virus Rubella, penyakit ini sama bahayanya dengan Toxoplasma yakni bisa menyebabkan kematian pada janin, keguguran dan kelainan pada janin saat lahir. Gejala yang tampak pada ibu hamil karena virus Rubella adalah timbul ruam pada kulit, demam, pembesaran kelenjar getah bening.
• Citomegalovirus
Terjadi pembesaran hati, penyakit kuning, dan ketulian pada bayi yang lahir jika terinfeksi cytomegalovirus.
• Herpes Simpleks
Berasal dari virus herpes simpleks dan tanda-tanda fisik yang terlihat dari bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terkena virus ini adalah kulit bayi melepuh.

Alangkah baiknya mengenali TORCH sejak dini agar bisa dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan sesegera mungkin. Bila merasakan gejala TORCH segera memeriksakan diri ke dokter, lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui jenis infeksi yang diderita.

Pencegahan untuk menghindari terjadi TORCH sangatlah mudah, cukup dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat selama masa kehamilan. Rutin untuk mengontrol kehamilan. Vaksinasi sebelum merencanakan kehamilan dan hindari kontak langsung dengan penderita TORCH.

# Apa Itu TORCH Dan Pengaruhnya Terhadap Kehamilan

  • 16
    Shares