Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Influenza (Flu)

Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Influenza (Flu)

Ilustrasi @shutterstock

REINHA.com – Influenza (Flu) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan sebagian lagi menyerang paru-paru. Virus influenza menyebar melalui udara, dan cepat berpindah dari orang ke orang.

Selain itu cara penyebaran virus ini bisa melalui sentuhan benda yang di atasnya telah terinfeksi dengan virus influenza. Kebanyakan orang yang mengidap influenza bisa sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

(Baca juga: Belajar Dan Mengenal Apa Itu Ablasio Retina)

Gejala yang dimiliki seseorang yang mengidap influenza (Flu) yaitu :

1. Demam
2. Batuk
3. Nyeri pada tenggorokan
4. Beringus ataupun hidung tersumbat
5. Nyeri pada seluruh tubuh
6. Sakit Kepala
7. Merasa lelah
8. Kadang disertai dengan muntah dan diare

Seseorang yang mengalami influenza (flu) penularannya bisa terjadi pad 3-4 hari setelah penyakitnya berlangsung. Terkadang orang yang terlihat sehat bisa menginfeksi orang lain 1 hari sebelum gejala terlihat dan hingga 5-7 hari setelah sakit. Pada beberapa orang, terutama anak-anak dan orang yang memiliki sistem imunitas rendah, mungkin dapat menginfeksi orang lain dengan virus influeza untuk waktu yang lebih lama.

Pengobatan yang dilakukan yaitu, cukup dengan mengkonsumsi air putih, vitamin, obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen, makan makanan yang bergizi, serta istirahat yang cukup. Selain itu pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan vaksin influenza. Vaksin bisa diberikan mulai dari umur 6 bulan atau lebih.
Seseorang yang telah terkena flu, bisa mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut dengan cara, selalu mencuci tangan sebelum memegang sesuatu, menutup mulut dengan tangan,atau tisu atau sapu tangan jika bersin, dan hindari kerumunan, karena virus akan cepat meyebar.

# Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Influenza (Flu)

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.