Pembunuhan Khashoggi, Trump: Dunia Harus Bertanggung Jawab

Pembunuhan Khashoggi, Trump: Dunia Harus Bertanggung Jawab

© Reuters / REUTERS/Osman Orsal/File Photo

REINHA.com – Setelah mengeluarkan pernyataan berdiri bersama Arab Saudi setelah pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi, Presiden Trump mengatakan kepada wartawan bahwa “dunia harus bertanggung jawab” atas pembunuhan tersebut.

Trump ditanya oleh seorang wartawan pada hari Kamis, siapakah menurut Trump bertanggung jawab atas kematian Khashoggi.

“Mungkin dunia harus bertanggung jawab,” jawab Trump. “Karena dunia adalah tempat yang ganas. Dunia adalah tempat yang sangat ganas. ” kata Presiden Amerika Serikat tersebut.

Dalam pernyataan resminya tentang kematian Khashoggi, yang dirilis Selasa, Presiden Trump memulainya dengan kalimat yang sama. “Dunia adalah tempat yang sangat berbahaya!” Trump menulis, sebelum menjelaskan bagaimana beberapa negara lebih berbahaya daripada yang lain.

“Sangat mungkin bahwa Pangeran Mahkota (Saudi) memiliki pengetahuan tentang peristiwa tragis ini,” tulis Trump. Namun, Trump bersikeras bahwa AS akan tetap menjadi “mitra setia” Kerajaan, dengan alasan peran vital Riyadh sebagai eksportir minyak dan sekutu terhadap Iran.

(Baca juga: Walaupun Peluru Bersarang Di Pundaknya, Pria India Ini Tetap Melanjutkan Upacara Pernikahannya)

AS telah menjatuhkan sanksi terhadap 17 orang Saudi atas dugaan peran mereka dalam pembunuhan itu, termasuk Maher Abdulaziz Mutreb, yang dipercayai pemerintah Turki mengirim 15 orang ‘tim pembunuh’ ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi. Pemerintah Saudi, belum mendapat sanksi, meskipun fakta bahwa CIA mengakhiri “dengan keyakinan yang tinggi” bahwa Putra Mahkota memerintahkan Khashoggi dihilangkan.

Jaksa penuntut umum Saudi mengatakan pekan lalu bahwa ia akan mencari hukuman mati untuk lima orang yang diduga terlibat, tetapi menyatakan bahwa Putra Mahkota sama sekali tidak terlibat atau bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersikeras bahwa para pejabat Saudi “pada tingkat tertinggi” memerintahkan pembunuhan itu.

Senator Bernie Sanders melabeli pernyataan bahwa Trump “bertele-tele dan tidak jujur,” dan menuduh Trump membela rezim “despotik” Saudi.

Ketika Trump menyalahkan dunia, Perancis memberlakukan larangan perjalanan terhadap 18 warga Saudi pada hari Kamis. Langkah itu dilakukan tiga hari setelah Jerman mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan semua penjualan senjata ke Riyadh, dan memberlakukan larangan perjalanan serupa pada warga Saudi yang sama.

# Pembunuhan Khashoggi, Trump: Dunia Harus Bertanggung Jawab