Alasan Mengapa Rasa Kantuk Menyerang Setelah Makan Dan Cara Mengatasinya

Alasan Mengapa Rasa Kantuk Menyerang Setelah Makan Dan Cara Mengatasinya

Alasan Mengapa Rasa Kantuk Menyerang Setelah Makan Dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi @istock

REINHA.com – Manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak pernah terhindar dari rasa kantuk, yang datang di mana saja dan kapan saja, sehingga rasa kantuk yang menyerang setiap orang pada saat-saat tertentu merupakan suatu yang wajar atau alami.

Rasa kantuk yang selalu datang, jelas akan mengganggu aktivitas, dan berdampak pada produktivitas, kreativitas, kemampuan analisis dan stabilitas emosi menurun.

(Baca juga: Kenapa Diare Saat Nyeri Ulu Hati Menyerang? Ini Cara Mengatasinya)

Mengantuk berarti otak sedang kekurangan oksigen. Oksigen dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Apabila oksigen yang beredar di darah kurang mencukupi kebutuhan metabolisme maka otak pun akan kekurangan oksigen.

Jenis makanan yang terutama menyebabkan rasa kantuk adalah karbohidrat. Semakin banyak kandungan karbohidrat yang kita makan, semakin cepat kita mengantuk.

Kantuk terjadi akibat lonjakan insulin yang disebabkan karena mengonsumsi karbohidrat, yang memungkinkan triptofan masuk ke otak bersama dengan asam amino lainnya. Di dalam otak, triptofan ini akan diubah menjadi serotonin dan selanjutnya serotonin ini berubah menjadi melantonin, suatu zat yang membuat kita mengantuk dan tertidur.

Setelah makan kenyang, maka akan terjadi peralihan kontrol tubuh dari sistem syaraf simpatetik ke sistem syaraf parasimpatetik. Sistem syaraf simpatetik berfungsi untuk mengontrol gerakan otot-otot yang bisa kita kendalikan, sedangkan sistem syaraf parasimpatetik bersifat otomatik artinya diluar kendali kita dan tidak membutuhkan pikiran kita untuk bekerja. Karena sistem syaraf simpatetik menurun fungsinya, maka akan timbul perasaan lesu, rasa rileks dan keinginan untuk tidur.

Hal-hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari rasa kantuk setelah makan adalah :

  1. Hindari jenis makanan berkarbohidrat yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti nasi putih dan roti
  2. Hindari mengkonsumsi jenis makanan berprotein dan lemak dalam jumlah yang banyak karena kedua jenis makanan ini lama untuk dicerna
  3. Orang akan menjadi cepat lelah dan mudah mengantuk pada tengah hari, jadi usahakanlah untuk makan siang sebelum tengah hari

# Alasan Mengapa Rasa Kantuk Menyerang Setelah Makan Dan Cara Mengatasinya

  • 8
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.