Mengenal Penyebab Dan Penanganan Dari Eksim Atopik

REINHA.com – Eksim atopik adalah penyakit kulit yang dapat mengenai seseorang dan membutuhkan penanganan khusus. Penyakit ini termasuk penyakit kronis yang bisa timbul tanpa memandang jenis kelamin maupun usia.

(Baca juga: Mengenal Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox), Penyebab, Hingga Pencegahannya)

Penyakit eksim atopik disebabkan oleh reaksi hipersensitvitas pada kulit, yang menyebabkan terjadinya inflamasi jangka panjang. Selain itu dapat pula disebabkan oleh cuaca, makanan, bulu hewan dan bahan pakaian yang digunakan. Adapun penyakit ini bisa terjadi karena adanya riwayat keluarga dengan eksim atopik.

Gejala dan tanda yang dapat ditemukan antara lain :

  1. Gatal
  2. Ruam berwarna kemerahan
  3. Terdapat luka akibat garukan yang terlihat basah
  4. Bila sudah berlangsung lama dan tak kunjung sembuh terlihat kulit kering, bersisik, dan mengalami penebalan.

Penanganan yang dilakukan yaitu berupa pemakaian pelembab hipoalergenik non-fragrance pada kulit yang mengalami kekeringan dan mengkonsumsi obat antihistamin seperti chlopheniramine, loratadin ataupun cetirizin untuk meredakan rasa gatal. Selain itu pencegahan juga dibutuhkan untuk menghindari timbulnya penyakit ini.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari faktor pencetus alergi, selalu menjaga kelembaban kulit dan bila kulit terasa gatal, jangan menggaruk secara berlebihan.

# Mengenal Penyebab Dan Penanganan Dari Eksim Atopik

  • 20
    Shares