Mengenal Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox), Penyebab, Hingga Pencegahannya

Cacar Monyet @PUBLIC HEALTH IMAGE LIBRARY/CDC

REINHA.com – Pemerintah Singapura saat ini tengah menghadapi penyakit langka yang disebabkan oleh virus dan menjadi sumber penyakit bagi manusia. Penyakit ini dikenal dengan nama Cacar Monyet (Monkeypox).

Cacar monyet (Monkeypox) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, yang berasal dari hewan ke manusia. Untuk negara – negara di Asia mungkin masih sangat asing mendengar tentang penyakit ini. Penyakit ini pun diketahui berasal dari negara – negara di Afrika.

(Baca juga: Alasan Mengapa Kulit Menjadi Kering Dan Cara Mengatasinya)

Virus ini masuk dalam kelompok poxviridae. Virus cacar monyet menyebar melalui kontak langsung manusia dengan cairan tubuh, darah, atau kulit dari hewan yang terinfeksi. Hewan yang terinfeksi umumnya adalah monyet, tupai, dan tikus Gambian. Selain itu, penyebaran penyakit ini juga dapat terjadi dari manusia ke manusia.

Penyebarannya pun terjadi melalui kontak dengan area pada kulit yang mengalami cacar monyet, cairan pada tubuh, dan droplet pernapasan yaitu pada saat batuk ataupun bersin. Virus yang masuk akan mengalami masa inkubasi selama 4 – 20 hari, dan orang yang telah terinfeksi akan mengalami gejala – gejala dan tanda berupa :

  1. Demam
  2. Menggigil, berkeringat dingin
  3. Nyeri otot
  4. Sakit kepala
  5. Pembesaran kelenjar getah bening
  6. Timbulnya ruam pada kulit
  7. Munculnya bintil-bintil berair

Untuk memastikan seseorang menderita cacar monyet, selain gejala dan tanda, dibutuhkan juga pemeriksaan laboratorium. Orang yang telah menderita cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya, dimana waktu penyembuhannya selama 2 – 4 minggu. Namun penyembuhannya akan terhambat jika ditemukan adanya penyulit, seperti gizi buruk.

Komplikasi yang ditemukan bila seseorang menderita penyakit ini berupa radang pernapasan hingga radang otak. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak, dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan – hewan yang dapat menularkan penyakit ini.

# Mengenal Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox), Penyebab, Hingga Pencegahannya

  • 28
    Shares