Tips Dan Cara Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui

Tips Dan Cara Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui

Tips Dan Cara Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui
Ilustrasi @dream

REINHA.com – Menyusui adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu secara eksklusif selama 6 bulan. Menyusui dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan daya tahan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan bayi.

(Baca juga: Kenapa Bisa “Mabuk Perjalanan”? Berikut Tips Mengatasinya)

Tubuh wanita secara alami dapat memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya. Adapun masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI. Produksi ASI yang tidak lancar menjadi salah satu masalah utama yang dirasakan saat proses menyusui. Keadaan ini yang membuat banyak ibu kecewa, depresi dan akhirnya memutuskan untuk memberikan susu formula untuk bayinya.

Berikut ini beberapa tips dan cara memperbanyak ASI :

  1. Berikan ASI terus menerus
    Sesaat setelah melahirkan dan pada minggu pertama, jumlah ASI yang keluar hanya sedikit dan belum teratur. Hal ini adalah wajar, tetap berikan ASI kapan pun bayi membutuhkannya. Bila perlu setiap dua sampai tiga jam, hal ini akan membuat hormon prolaktin terus bekerja agar produksi ASI bisa tercukupi.
  2. Memompa ASI setelah menyusui
    Ini adalah salah satu cara agar ASI bisa bertambah banyak. Hal ini perlu dilakukan mengingat ketrampilan menyusui seorang ibu baru belumlah baik.
  3. Melakukan kontak kulit (skin to skin contact)
    Kedekatan emosional dari ibu dengan bayinya juga memiliki peran yang pentng. Otak akan merespon dan memerintahkan hormon prolaktin untuk bisa memproduksi ASI lebih banyak.
  4. Mengkonsumsi makanan bergizi
    Makanan seperti daun katuk, wortel, daun kelor, abayam, ikan, telur, daging, dan kacang-kacangan terbukti dapat memaksimalkan jumlah ASI. Konsumsilah setiap hari selama menyusui dan sebisa mungkin hindari penggunaan obat-obatan ataupun suplemen penambah ASI.
  5. Isitrahat cukup
    Pergunakanlah waktu sebaik mungkin agar bisa memaksimalkan waktu istirahat. Karena bila istirahat kurang dapat memicu stress yang akhirnya bisa mempengauhi jumlah ASI yang dibutuhkan oleh sang bayi.

# Tips Dan Cara Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.