Tips Menjelang Liburan, 6 Macam Obat-Obatan Yang Wajib Dibawa Saat Travelling

Tips Menjelang Liburan, 6 Macam Obat-Obatan Yang Wajib Dibawa Saat Travelling
Travelling @reinha.com

REINHA.com – Saat perjalanan jauh, banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi, termasuk gangguan kesehatan. Tentu tidak menyenangkan, jika perjalanan yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, menjadi terganggu karena penyakit. Perjalanan jauh, serta kondisi tubuh yang melemah, tidak jarang menjadi penyebab terjadinya penyakit seperti nyeri sendi, maag, atau mual. Tentunya hal seperti ini sebisa mungkin dihindari, bahkan jangan sampai terjadi.

(Baca juga: Ini Bahaya Aborsi Bagi Kesehatan Wanita)

Karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan obat-obatan yang dapat membantu meredakannya. Obat yang perlu dibawa saat travelling akan menjadi penolong kita apabila tidak sengaja mengalami kecelakaan atau tiba-tiba jatuh sakit.

Berikut obat-obatan yang penting dibawa saat travelling.

  1. Obat demam dan anti nyeri
    Saat suhu badan meningkat drastis maka diperlukan obat demam penurun panas untuk mengatasinya. Demam bisa muncul saat terjadi perubahan cuaca, ataupun kondisi di tempat tujuan.
    Sakit gigi, sakit kepala, nyeri sendi, bahkan nyeri haid yang terjadi secara tiba-tiba, tentu saja akan sangat mengganggu lancarnya perjalanan yang akan ditempuh. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, dibutuhkn obat seperti paracetamol, atau ibuprofen yang bisa meredakan demam maupun nyeri. Untuk anak-anak sebaiknya siapkan berupa sirup dan dewasa dalam bentuk tablet.
  2. Obat diare
    Saat bepergian, tidak luput dari mencoba kuliner di tempat tujuan. Terkadang cita rasa yang sedikit berbeda dengan menu makanan yang sering dikonsumsi, menyebabkan diare. Penting untuk membawa larutan oralit, obat penghenti diare seperti attapulgit yang bisa dikonsumsi sebanyak 2 tablet setiap habis buang air besar, maksimal 12 tablet per harinya. Untuk anak berusia 6-12 tahun dapat mengonsumsi 1 tablet setiap setelah buang air besar, dan maksimal 6 tablet sehari.
  3. Obat Anti Mabuk
    Tidak selamanya rasa nyaman saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan transportasi baik itu darat, laut, maupun udara, bisa kita rasakan. Bila tidak tahan berlama-lama dalam kendaraan umum yang menyebabkan munculnya gejala mabuk kendaraan seperti, mual serta muntah maka ada baiknya membawa obat anti mabuk. Obat anti mabuk yang dapat dikonsumsi antara lain, anti histamin seperti dipenhydrmine, ataupun antidopaminergik seperti metoclopramide.
  4. Obat gatal atau anti alergi
    Kadang saat kita bepergian atau travelling, salah mengkonsumsi makanan, cuaca yang tidak bersahabat, debu, serbuk bunga ataupun serangga bisa membangkitkan reaksi alergi ataupun kulit menjadi gatal. Patutlah membawa obat-obatan anti alergi yaitu antihistamin, yang mudah di beli di apotik, seperti cetirizin, loratadin.
  5. Obat maag
    Nyeri ulu hati, mual dan muntah merupakan ciri khas penyakit maag. Untuk mengatasi maag yang kambuh saat perjalanan jauh, kita dapat mengonsumsi obat seperti antasida, domperidon, baik itu dalam bentuk tablet maupun sirup.
  6. Obat – obatan untuk penyakit yang saat ini diderita
    Bagi orang-orang tertentu, yang memiliki penyakit seperti asma yang membutuhkan inhaler, darah tinggi atau hipertensi yang memerlukan obat anti hipertensi, diabetes melitus yang butuh obat oral ataupun insulin, bahkan penyakit jantung sekalipun, disarankan untuk menemui dokter agar bisa meresepkan obat yang bisa memenuhi kebutuhan selama bepergian.

# Tips Menjelang Liburan, 6 Macam Obat-Obatan Yang Wajib Dibawa Saat Travelling

  • 4
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.