Ini Bahaya Aborsi Bagi Kesehatan Wanita

Ilustrasi @SHUTTERSTOCK

REINHA.com – Kata aborsi dalam dunia medis artinya berakhirnya kehamilan dengan dikeluarkannya janin (fetus) atau embrio sebelum memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim, sehingga mengakibatkan kematiannya.

Menggugurkan kandungan atau aborsi memiliki berbagai risiko yang perlu dipertimbangkan. Bahaya aborsi akan semakin besar jika tidak dilakukan oleh dokter.

(Baca juga: Mengenal Dan Memahami Dampak Dari Kehamilan Di Usia Remaja)

Ada 2 jenis aborsi :

  1. Aborsi Provokatus Kriminalis.
    Yaitu tindakan aborsi yang dilakukan dengan sengaja dan bukan karena alasan kesehatan . Aborsi ini dilakukan karena keterpaksaan dan biasanya tidak dilakukan oleh dokter secara resmi.
  2. Aborsi Provokatus medisinalis.
    Yaitu tindakan aborsi yang dilakukan dengan sengaja karena alasan medis. Biasanya dikarenkan ibu hamil atau janin memiliki masalah medis yang menyebabkan sang ibu tidak bisa melanjutkan kehamilannya dan dokter akan mengambil jalan dengan cara aborsi.

Tindakan aborsi yang dilakukan tidak sesuai standar atau prosedur yang benar, akan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan, antara lain :

  1. Perdarahan
    Salah satu risiko yang sering terjadi setelah aborsi adalah perdarahan berat melalui jalan lahir yang akan berakhir dengan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Penanganan yang akan dilakukan bisa berupa transfusi darah dan tindakan kuret jika ada sisa jaringan.
  2. Kerusakan pada rahim
    Bila tidak dilakukan dengan benar, aborsi dapat menyebabkan kerusakan pada rahim, berupa lubang maupun luka berat pada dinding rahim, leher rahim, serta di daerah alat kelamin.
  3. Infeksi
    Melakukan aborsi menggunakan alat medis yang tidak steril berpotensi menyebabkan infeksi pada organ vital dan organ dalam lainnya. Bisa juga karena ada bagian janin yang tertinggal di dalam rahim.
  4. Psikologis Terganggu
    Dampak psikologis bagi para pelaku aborsi di antaranya trauma, depresi, sedih dan merasa berdosa.

# Ini Bahaya Aborsi Bagi Kesehatan Wanita

  • 5
    Shares