Ratusan Siswi Nigeria Yang Diculik Telah Dibebaskan

Ratusan Siswi Nigeria Yang Diculik Telah Dibebaskan

Gadis-gadis yang diculik dari sekolah asrama di negara bagian Zamfara, Nigeria 2 Maret 2021 © REUTERS / Afolabi Sotunde

REINHA.com – Gubernur negara bagian Zamfara mengatakan bahwa 279 gadis yang diculik dari Government Girls’ Science Secondary School (GGSS) di Jangebe Jumat lalu telah dibebaskan oleh penculik, sebagian besar tidak terluka.

“Alhamdulillah! Ini membuat hati saya gembira untuk mengumumkan pembebasan para siswi GGSS Jangebe yang diculik dari penahanan, ”cuit Gubernur Negara Bagian Zamfara Bello Matawalle pada Selasa pagi, disertai dengan foto minibus milik negara.

(Baca juga: Netanyahu: Iran ‘Jelas’ Berada Di Balik Ledakan Kapal Di Teluk Oman)

Media lokal melaporkan bahwa sebagian besar gadis itu tampak tidak terluka, tetapi setidaknya selusin dibawa ke rumah sakit untuk perawatan. Banyak dari gadis-gadis itu tanpa sepatu dan dipaksa berjalan jauh oleh para penculiknya.

Pada hari Jumat, polisi mengatakan bahwa 317 gadis telah diculik tetapi pengumuman hari ini oleh gubernur mengkonfirmasi bahwa 279 gadis telah dibebaskan.

Juru bicara negara bagian Zamfara Sulaiman Tanau Anka mengatakan kepada Reuters bahwa sejumlah gadis telah melarikan diri ke semak-semak selama penyerangan dan hanya 279 yang disandera selama akhir pekan.

(Baca juga: Suriah Dan Rusia Tuding Amerika Selundupkan Milisi Bersenjata Dengan Dalih Bantuan Kemanusiaan)

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari men-tweet kepuasannya bahwa gadis-gadis itu telah dibebaskan, tetapi meminta penduduk setempat untuk membagikan informasi intelijen tentang para penculik untuk mengakhiri insiden yang suram dan memilukan tersebut.

“Berita ini membawa kegembiraan yang luar biasa. Saya senang cobaan mereka berakhir bahagia tanpa insiden apapun, ”tulis Buhari.

Seorang ayah, yang melihat tujuh putrinya diambil oleh pria bersenjata pada hari Jumat, mengatakan insiden itu tidak akan menghalangi dia untuk mengirim anak perempuannya ke sekolah dan menerima pendidikan yang baik.

Penculikan seperti itu, semakin tinggi frekuensinya dan mengkhawatirkan. Minggu sebelumnya, pria bersenjata menyerang sekolah anak laki-laki di negara tetangga Niger dan menculik 42 orang. Lebih dari 300 anak laki-laki diculik dari sebuah sekolah di Kankara pada bulan Desember, selama kunjungan Presiden Buhari ke negara bagian asalnya.

# Ratusan Siswi Nigeria Yang Diculik Telah Dibebaskan

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.