Netanyahu: Iran ‘Jelas’ Berada Di Balik Ledakan Kapal Di Teluk Oman

Netanyahu: Iran ‘Jelas’ Berada Di Balik Ledakan Kapal Di Teluk Oman

@REUTERS

REINHA.com – Iran berada di balik ledakan kapal milik Israel di Teluk Oman minggu lalu, kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Negara Yahudi tersebut dilaporkan membalas dengan meluncurkan serangan rudal di Suriah.

Insiden pada Kamis malam…”jelas” dilakukan Iran, kata Netanyahu pada hari Senin dalam sebuah wawancara dengan Perusahaan Penyiaran Publik Israel. Dia menambahkan bahwa Teheran adalah “musuh terbesar Israel” dan mengatakan negaranya “mengalahkannya di seluruh wilayah”.

(Baca juga: Suster Ann Nu Thawng Berlutut Di Depan Polisi Myanmar Memohon Agar Mereka Tidak Menembaki Pengunjuk Rasa)

Tuduhan langsung oleh perdana menteri, sama seperti tuduhan yang diucapkan oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz. Benny Gantz mengatakan pada hari Sabtu bahwa menurut penilaian militer, kesahalan dari ledakan kapal tersebut ada pada Iran. Gantz, yang juga merupakan penantang utama Netanyahu dalam pemilihan umum mendatang, menjelaskan kesimpulan tersebut dengan mengacu pada kedekatan relatif kapal tersebut dengan Iran pada saat ledakan, serta permusuhan umum antara kedua negara.

Dua ledakan, yang digambarkan media Israel sebagai akibat dari serangan rudal, membuat lubang di lambung kapal, tetapi tidak melukai anggota kru, menurut pemilik kapal.

(Baca juga: Targetkan Pasukan Iran, Israel Serang Daerah Sekitar Damaskus)

Pada Sabtu malam, pemerintah Suriah melaporkan bahwa pertahanan udaranya telah menangkis serangan rudal Israel di Damaskus, mencegat sebagian besar proyektil yang diluncurkan dari daerah Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel.

Israel secara rutin melancarkan serangan semacam itu, tanpa mengakui tanggung jawab, Dimana pemerintah Israel mengatakan Iran sebagai target. Banyak pengamat berspekulasi bahwa serangan terbaru itu dilakukan sebagai pembalasan atas insiden yang melibatkan kapal MV ‘Helios Ray’ milik Israel.

# Netanyahu: Iran ‘Jelas’ Berada Di Balik Ledakan Kapal Di Teluk Oman

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.