BERITABerita Nasional

Pohon Hayat Nusantara Jadi Logo IKN, Ini Arti Dan Maknanya

Pohon Hayat Nusantara Jadi Logo IKN, Ini Arti Dan Maknanya

Logo IKN

REINHA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023). Adapun logo terpilih yakni bertema “Pohon Hayat Nusantara” yang didesain oleh Aulia Akbar.

Inilah logo Ibu Kota Nusantara (IKN) yang secara resmi diluncurkan kemarin. Logo yang akan menjadi identitas visual bagi IKN. Temanya Pohon Hayat, pohon kehidupan. Logo IKN karya Aulia Akbar ini terpilih berdasarkan hasil voting terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih di seluruh Tanah Air. Di dalamnya ada filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk. Juga diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya.” kata Presiden Jokowi dikutip dari halaman media sosial miliknya.

Dilansir akun Instagram resmi IKN, logo IKN Nusantara “Pohon Hayat Nusantara” tersebut terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Nusantara.

Logo IKN Nusantara Pohon Hayat itu nampak terdiri dari lima akar pohon, dengan tujuh batang, dan ada tujuh belas kembang mekar. Berikut makna masing-masing unsur dalam logo IKN “Pohon Hayat Nusantara”:

5 akarnya melambangkan Pancasila

7 batangnya mewakili pulau besar

17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi

Sebelumnya Presiden Jokowi mengungkapkan filosofi logo IKN Nusantara “Pohon Hayat” juga sejalan dengan pembangunan IKN. Tema Pohon Hayat itu selaras dengan spirit menumbuhkan rasa bangga Indonesia.

“Logo Pohon Hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya,” ujar Jokowi, dikutip Rabu (31/5/2023).

Di sisi lain, sang desainer, Aulia Akbar menjelaskan pohon hayat juga menjadi penanda keberagaman Indonesia. Dia mencontohkan warna bendera kebangsaan Indonesia sebagai satu kesatuan.

“Ini tuh bisa jadi suatu penanda bahwa di atas keberagamaan kita pasti kita bisa bersatu, seperti layaknya bendera Merah Putih kan ya, kita menyebutnya merah dan putih, dan bukan jingga,” imbuhnya.

# Pohon Hayat Nusantara Jadi Logo IKN, Ini Arti Dan Maknanya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.