BERITABerita Dunia

Teleskop Kepler Temukan 104 Planet Baru

Teleskop Kepler Temukan 104 Planet Baru

Teleskop Kepler Temukan 104 Planet Baru

REINHA.com – Dalam misi pencarian planet layak huni di luar angkasa, teleskop luar angkasa NASA, Teleskop Kepler, kembali menemukan planet yang diduga layak huni. Baru-baru ini NASA telah mengidentifikasi 104 planet baru di luar galaksi bima sakti, empat diantaranya dianggap sebagai planet yang menjanjikan.

Seperti dilansir RT News, 19 Juli 2016, para ilmuwan NASA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa empat planet dari 104 planet baru yang ditemukan, merupakan planet yang berpotensi menampung kehidupan.

Keempat planet tersebut memiliki ukuran mirip dengan planet Bumi, mengorbit bintang kerdil tunggal. Dua diantara empat planet tersebut memiliki suhu yang terlalu panas untuk mendukung adanya kehidupan. Namun dua lainnya memiliki suhu normal yang memungkinkan adanya air di permukaan planet.

Salah satu dari dua planet di zona layak huni, K2-72c, memiliki waktu 15 hari untuk mengorbit. Jarak planet ini lebih dekat di Bumi dan kemungkinan memiliki suhu 10 persen lebih hangat dari pada di Bumi.

Planet kedua, K2-72e, memiliki waktu 24 hari untuk mengorbit. Jarak planet sedikit lebih jauh dari planet K2-72c, dengan suhu sekitar 6 persen lebih dingin dari pada di Bumi. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.