BERITABerita Dunia

Terkena Dampak Badai Irma, 8 Orang Tewas Di Italia

Terkena Dampak Badai Irma, 8 Orang Tewas Di Italia

REINHA.com – Meski tidak secara langsung dilewati oleh badai Irma, curah hujan yang sangat tinggi melumpuhkan sejumlah kota di Italia. Sebanyak 8 orang dilaporkan tewas dalam banjir besar yang melanda kota Livorno,Tuscany, Italia Utara pada akhir pekan kemarin.

Empat anggota keluarga yang sama terbunuh setelah basement mereka rata-rata membanjiri selama periode curah hujan yang intens, mengubah jalanan dan sekitarnya menjadi sungai dan danau. Seorang anak laki-laki berusia empat tahun merupakan salah satu dari keempat korban tersebut.

Korban lain, seorang kakek keluarga dilaporkan telah menyelamatkan cucunya yang baru berusia tiga tahun sebelum akhirnya hanyut terkena banjir.

Korban terakhir, Martina Bechini, ditemukan oleh polisi di sepanjang sungai D’Ardenza setelah rumahnya tersapu banjir di Via Garzelli, sebelah tenggara kota. Jenazah suaminya, Filppo Meschini, telah ditemukan sebelumnya, dua kilometer jauhnya dari rumah mereka.

Walikota kota Tuscany, Filippo Nogarin, mengatakan bahwa sekitar 290 rumah masih tanpa listrik pada Senin, 11 September. Jumlah tersebut turun dari 2.700 rumah tanpa listrik di hari Minggu, 10 September.

Presiden Tuscany, Enrico Rossi, mengatakan keadaan darurat akan segera diumumkan di wilayah tersebut, dengan dana untuk pemulihan sebesar 3 juta euro(sekitar Rp. 47 Miliar) akan dimasukkan ke dalam anggaran.

Pemerintah setempat telah mengeluarkan ‘peringatan oranye’ menjelang badai, namun setelah hujan turun selama empat jam dan ketinggian banjir mencapai 40 cm, masyarakat mempertanyakan mengapa peringatan tersebut tidak ditingkatkan menjadi ‘peringatan merah’. (rt/rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.