Kampung Adat Tarung Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kampung Adat Tarung Ludes Dilalap Si Jago Merah

REINHA.com – Kampung Tarung, sebuah kampung adat di kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, mengalami bencana kebakaran pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017. Sekitar 30 bangunan rumah adat khas Sumba ludes dilalap si jago merah.

Saksi mata mengatakan api mulai menyala dari salah satu rumah sekitar pukul 20:15 WITA. Api dengan cepat menghanguskan semua bangunan rumah yang ada di kampung tersebut, karena jarak antar rumah yang terlalu rapat.

Selain itu rumah-rumah di Kampung Tarung terbuat dari bahan yang mudah terbakar, yaitu kayu dan kulit bamboo (gedek, Bahasa Sumba Barat.red), dan beratapka rumput ilalang.

Belum adanya Dinas Pemadam Kebakaran di wilayah tersebut juga menjadi penyebab kebakaran meluas hingga menghabisi seluruh rumah di Kampung Tarung.

Rolly Dunga, anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat, mengunggah sebuah video di akun Facebooknya, yang memperlihatkan warga yang hanya mampu melihat dari jauh bagaimana api membumi hanguskan tempat tinggal mereka. (Lihat Videonya Disini)

Kampung Tarung adalah salah satu kampung di Kabupaten Sumba Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, yang masih mempertahankan tatanan budaya yang ditinggalkan nenek moyang mereka sejak 3 abad yang lalu.

Deretan rumah adat beratap tinggi mencakar langit tersebut telah menjadi destinasi wisatawan yang menggandrungi wisata budaya. Namun kini, kampung adat yang asri dan mempesona itu hanya tinggal kenangan.(AeMedo-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.