BERITABerita Dunia

Monster Plankton Ditemukan Di Laut Arktik

Monster Plankton Ditemukan Di Laut Arktik

REINHA.com – Seorang mahasiswa dari Universitas Manitoba yang sedang melakukan penelitian terhadap potongan es dari laut Arktik, Kanada, tanpa sengaja menemukan spesies baru dari dunia plankton yang dijuluki ‘monster plankton’.

Pada tahun 2014, Aurelia Delaforge sedang bekerja di sebuah kamp es di alam liar Teluk Cambridge, Nunavut, untuk mempelajari perkembangan plankton saat zooplankton muncul dalam sampel es laut.

Saat itu Delaforge beberapa kali menemukan makhluk aneh di dalam sampel es yang digunakannya. Makhluk itu memiliki beberapa perbedaan anatomis dengan plankton kecil lainnya. Misalnya, ia memiliki kaki kelima yang dipersenjatai dengan seukuran serabut sensorik. Dia berpikir bahwa itu spesies lokal dari daerah tersebut.

Delaforge kemudian mengirim pesan ke peneliti di Departemen Perikanan dan Kelautan, Wojciech Walkusz, untuk memberitahukan penemuannya.

Rincian spesies baru yang diberi nama ‘copepod monstrilloid’ kini telah dipublikasikan di jurnal ZooKeys yang ditinjau oleh para ilmuwan. Makhluk itu bergabung dengan enam spesies plankton ‘monster’ polar yang sama di buku besar sains.

Monster plankton tersebut adalah yang pertama dari jenisnya yang harus didokumentasikan di sekitar Kanada, yang membuat periset harus merenungkan rahasia lain yang masih tersembunyi di bawah es Arktik.

“Saat kita mempelajari Arktik, masih ada hal-hal yang tidak kita ketahui. Ini adalah contoh yang bagus, “kata Delaforge.

“Saya merasa ini sangat menarik. Ini bukan hal yang biasa, menemukan spesies baru dan rasanya luar biasa. Saya tidak ingin menemukan spesies baru untuk gelar PhD saya, tapi bagi saya pribadi, yang mencintai taksonomi, saya pikir ini sangat penting karena membawa informasi baru tentang keanekaragaman hayati yang ada di Arktik” lanjutnya. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.