Ilmuwan Temukan Exoplanet Dengan Atmosfer Mirip Bumi

Ilmuwan Temukan Exoplanet Dengan Atmosfer Mirip Bumi
55 Cancri e. © JPL Caltech / NASA

REINHA.com – Para ilmuwan telah menemukan bahwa ada sebuah exoplanet yang memiliki lapisan atmosfer mirip dengan atmosfer Bumi. Planet ekstrasolar bernama 55 Cancri e ditemukan lebih dari satu dekade yang lalu, namun ilmuwan baru mengetahui begitu banyak misteri planet ini yang belum mereka ketahui.

55 Cancri e sangat dekat dengan bintangnya yang dikunci secara diam-diam dengan salah satu sisinya yang menghadap ke arah bintang secara permanen, sementara sisi lainnya menghadap jauh.

55 Cancri e merupakan exoplanet dengan ukuran dua kali lipat dari ukuran Bumi yang ditemukan oleh teleskop NASA pada tahun 2004 silam. Ukurannya yang besar membuat planet ini dijuluki dengan sebutan ‘Super Earth’.

Berdasarkan data ilmuwan teleskop Spitzer NASA yang sebelumnya berspekulasi bahwa exoplanet ini sebagian besar tertutup lava. Sekarang sebuah analisis baru terhadap data tersebut telah mengungkapkan fakta menarik lain tentang planet tersebut.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam The Astronomical Journal menjelaskan hasil penelitian yang menemukan bahwa 55 Cancri e memiliki atmosfer yang mirip dengan Bumi, yang mengandung nitrogen dan oksigen. Namun atmosfer tersebut lebih tebal dan memiliki suhu yang jauh lebih tinggi.

“Jika ada lahar di planet ini, itu akan menutupi seluruh permukaan. Tapi lahar akan disembuntikan dari pandangan kita oleh lapisan yang tebal” ucap salah satu penulis penelitian tersebut, Renyu Hu dari Laboratorium Propulsi Jet NASA.

(Baca juga: Astronom Temukan Exoplanet Yang Memiliki Salju Tabir Surya)

Para ilmuwan juga menemukan bahwa sisi dingin planet ini tidak sedingin yang dipikirkan sebelumnya. Sisi malam memiliki suhu rata-rata 2.400 sampai 2.600 derajat Fahrenheit (1.300 sampai 1.400 Celsius). Sedangkan sisi siang rata-rata 4,200 derajat Fahrenheit (2.300 Celcius).

Perbedaan suhu ini memungkinkan para ilmuwan untuk menarik kesimpulan tentang atmosfer planet ini karena bedanya akan lebih besar jika tidak ada atmosfer di Cancri e.

“Para ilmuwan telah memperdebatkan apakah planet ini memiliki atmosfer seperti Bumi dan Venus, atau hanya inti berbatu dan tidak ada atmosfer, seperti Merkurius. Kasus untuk atmosfer sekarang lebih kuat dari sebelumnya” kata Hu.

Meskipun mirip dengan Bumi, panas yang tinggi dari bintang planet ini terlalu besar untuk memungkinkannya mendukung kehidupan dan tidak dapat mempertahankan air.

Para ilmuwan masih memiliki banyak pertanyaan tentang planet misterius ini, terutama pertanyaan mengapa atmosfer tidak dilucuti oleh radiasi yang berasal dari bintangnya. Hu mengatakan bahwa mengungkap pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kita menjawab pertanyaan yang lebih besar mengenai evolusi planet berbatu.

# Ilmuwan Temukan Exoplanet Dengan Atmosfer Mirip Bumi (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.