Sikap Indonesia Soal Palestina, Fadli Zon: IPU Harus Berikan Sanksi Kepada Israel

Sikap Indonesia Soal Palestina, Fadli Zon: IPU Harus Berikan Sangsi Kepada Israel

Fadli Zon @DPR_RI

REINHA.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, menyampaikan sikap Indonesia soal Palestina dalam Sidang The Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-138 di Jenewa, Swiss. Indonesia dengan tegas menolak keputusan Amerika terkait status Ibu Kota Israel yang dipindahkan ke Yerusalem. Indonesia juga meminta IPU memberi sanksi kepada Israel karena tidak mengindahkan resolusi PBB.

Sidang IPU dihadiri oleh 146 negara yang diantaranya turut serta 69 ketua parlemen dari masing-masing negara di Gedung CICG, Jenewa, Swiss, Sabtu (24/3/2018). Perwakilan DPR RI yang hadir dalam sidang IPU di antaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, anggota DPR Ahmad Sahroni, Muhammad Misbakhun, Agun Gunanjar Sudarsa dan Johnny Plate.

Menyampaikan sikapnya soal Palestina, Indonesia mengatakan sangat menyesali keputusan Amerika Serikat terkait status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Indonesia mengecam perpindahan kota Tel Aviv ke Yerusalem, dimana hal tersebut dapat mengancam proses perdamain Palestina dan Israel dan membahayakan perdamaian dan stabilitas dunia. Keputusan yang dibuat Trump sangat tidak bertanggung jawab dan tidak manusiawi.

(Baca juga: Mahfud MD Prihatin Dengan Perang Media Sosial Di Tanah Air)

Kebijakan untuk memotong USD 125 Juta dalam pendanaan untuk bantuan pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) menunjukan bahwa Amerika Serikat tidak memiliki kemauan untuk mengakhir penderiaan rakyat Palestina dimana hal tersebut mencerminkan kegagalan kepemimpinan global AS.

Indonesia dalam hal ini mengajak semua komunitas dunia terutama PBB agar mimikul tanggung jawab bersama untuk menolak pernyataan Amerika Serikat terhadap pemukiman di tanah Palestina. Indonesia juga mendesak PBB untuk memaksa Israel dan Amerika Serikat untuk mematuhi semua peraturan hukum internasional.

Indonesia juga meminta IPU memberikan sanksi kepada Israel yang tidak mengindahkan resolusi-resolusi PBB selama ini. Pembangunan settlement di West Bank pelanggaran atas Resolusi UNSC 2334. Selain itu terdapat setidaknya pelanggaran terhadap Resolusi UNSC 242, 252, 476 dan Resolusi GA 181 (II).

# Sikap Indonesia Soal Palestina, Fadli Zon: IPU Harus Berikan Sanksi Kepada Israel