KESEHATAN

Ulat Bulu Beracun Sebabkan Wabah Di London

Ulat Bulu Beracun Sebabkan Wabah Di London

Ulat Bulu Beracun Sebabkan Wabah Di London
Ulat Bulu OPM / BBC

REINHA.com – Peringatan waspada telah dikeluarkan oleh pejabat kesehatan di London, Inggris, setelah menyebarnya wabah penyakit yang disebabkan ulat bulu beracun. Wabah yang dibawa ulat bulu ini dapat menyebabkan serangan asma, muntah dan ruam kulit yang cukup parah.

Ulat bulu beracun yang dikenal dengan nama Oak Processionary Moths (OPM), yang tengah berada dalam tahap larva, terlihat di bagian tenggara Inggris dan di ibukota Inggris, London.

Komisi Kehutanan Inggris menyebutkan bahwa bulu halus pada ulat OPM dapat menyebabkan demam tinggi dan iritasi mata, serta sakit tenggorokan. Organisasi tersebut telah mengeluarkan peringatan untuk tidak menyentuh spesies tersebut.

Populasi terbesar dari ulat bulu OPM tercatat berada di Greater London. Yang awalnya berasal dari Kingston atas Thames ke Brent. Sekelompok ulat juga ditemukan di Hutan Bracknell, Slough dan Guildford.

(Baca juga: Mengandung Wabah E. Coli, Selada Romaine Tewaskan 2 Orang)

Komisi Kehutanan menambahkan bahwa ulat OPM terlihat muncul dari plak-plak telur di pohon oak pada pertengahan April. Pohon-pohon yang menjadi kediaman ulat OPM kemudian mulai dirawat pada 23 April.

“Program perawatan diperkirakan akan berlanjut hingga akhir Mei atau awal Juni. Jika melewati tanggal itu ulat akan terlalu besar untuk bisa dipengaruhi oleh produk perawatan yang kami gunakan” kata juru bicara Komisi Kehutanan.

Ulat OPM sebabkan sakit keras

Seorang tukang kebun sedang membersihkan lahan yang sudah penuh daun-daun kering. Dia tidak menyadari bahwa pohon oak di atasnya dipenuhi dengan ulat OPM. Dia mengatakan bahwa dirinya menderita ‘gejala berat’ setelah bersentuhan dengan spesies tersebut.

“Gejala pertama saya adalah ruam pada perut saya. Saya tidak menyadari apa yang terjadi dan berpikir pada awalnya itu adalah ruam panas. Ruam itu memburuk dan sisi kiri wajahku tertutup ruam yang menjengkelkan. Mata kiriku menjadi sangat sakit dan berair”

“Saya menghubungi dokter dan dokter mengatakan bahwa penyakit saya disebabkan oleh OPM dan harus menjauhkan diri dari sumber karena seiring waktu saya telah mengembangkan reaksi alergi yang parah” ucap di tukang kebun yang tidak disebutkan Namanya.

Seekor ulat bulu OPM memiliki sekitar 62.000 helai rambut, yang dapat mereka rontokkan. Rambut yang rontok dan jatuh ke tanah bisa tetap aktif hingga lima tahun. Sementara ulat itu sendiri akan menjadi ngengat pada bulan Juli atau Agustus dan hanya dapat bertahan hidup selama dua hingga tiga hari.

# Ulat Bulu Beracun Sebabkan Wabah Di London (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.