Penelitian: Satu Gelas Minuman Beralkohol Dapat Memperpendek Usia

Penelitian: Satu Gelas Minuman Beralkohol Dapat Memperpendek Usia

Penelitian: Satu Gelas Minuman Beralkohol Dapat Memperpendek Usia
Satu gelas minuman – @u-report

REINHA.com – Sebuah studi besar-besaran dilakukan oleh para ilmuwan dari negara-negara maju untuk membuktikan pengaruh alkohol terhadap usia hidup seseorang.

Peneliti melakukan analisis terhadap 600.000 peminum alkohol aktif. Dan menemukan bahwa meminum 1 gelas minuman beralkohol per hari dapat mempersingkat usia hidup seseorang hingga selama 6 bulan.

Jumlah tersebut meningkat tergantung jumlah minuman alkohol yang mereka konsumsi. Mereka yang meminum hingga 18 gelas per minggu atau lebih, bisa kehilangan hingga 5 tahun usia hidup mereka.

Para ahli mengatakan studi tersebut menantang gagasan sebelumnya yang menyebutkan bahwa minum beralkohol rendah itu baik untuk kita.

Para ilmuwan membandingkan kebiasaan minum dan kesehatan dari peminum alkohol di 19 negara. Mereka menghitung berapa banyak jiwa seseorang yang mungkin akan hilang jika mereka minum dengan cara yang sama selama sisa hidup mereka dari usia 40 tahun.

Mereka menemukan batas aman atas minuman beralkohol sebelum ada peningkatan risiko kematian adalah sekitar 12,5 unit per minggu, setara dengan sekitar lima pint bir atau lima gelas 175ml dari anggur dengan tingkat alkohol di atas rata-rata.

Tetapi para ilmuwan menegaskan bahwa minum minuman beralkohol di tingkat terendah sekalipun tetap dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penulis studi menyebutkan bahwa untuk setiap 5 gelas kecil alkohol per minggu akan meningkatkan risiko stroke sebesar 14%, hipertensi fatal 24%, gagal jantung 9% dan aneurisma aorta fatal sebesar 15%.

Minuman beralkohol juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung non-fatal yang lebih rendah, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa manfaat ini “dibanjiri” oleh peningkatan risiko bentuk penyakit jantung lainnya.

# Penelitian: Satu Gelas Minuman Beralkohol Dapat Memperpendek Usia (rsn-reinha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.