BERITABerita Dunia

Teleskop Baru Inggris Diberi Nama Astronom Wanita Pertama

Teleskop Baru Inggris Diberi Nama Astronom Wanita Pertama

Teleskop Baru Inggris Diberi Nama Astronom Wanita Pertama
ALFRED JOHNSON/ANNIE MAUNDER’S FAMILY

REINHA.com – Setelah rehat selama sekitar 60 tahun, Royal Observatory Greenwich (ROG), Inggris, akan kembali bekerja mengamati astronomi. ROG menghadirkan teleskop baru yang diberi nama salah satu astronom wanita pertama yang pernah bekerja di ROG.

Teleskop baru yang akan dipasang di Altazimuth Pavilion Grade II akan diberi nama Annie Maunder. Maunder adalah astronom wanita Inggris pertama yang bekerja di ROG dan membuat penemuan kunci tentang matahari.

Annie Maunder sebelumnya sempat menjadi kontroversi pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Langkah ini seharusnya membantu menyoroti kontribusinya untuk generasi baru.

Selain itu, udara bersih dan teknologi yang lebih baik membuat astronomi kembali mungkin di kota-kota seperti di Greenwich.

Ketika pusat-pusat perkotaan telah berkembang, cahaya buatan bangunan dan lampu jalan, bersama dengan kabut asap, telah menenggelamkan benda-benda samar di langit malam yang ingin dipelajari para astronom.

Jadi, dalam beberapa dekade terakhir, astronomi telah berpindah ke kota di mana mereka bisa mendapatkan langit yang lebih gelap. Tetapi kombinasi teknologi baru dan udara yang lebih bersih berarti para astronom akan dapat menggunakan Royal Observatory Greenwich lagi.

(Baca juga: Teleskop NASA Temukan Asteroid Unik Di Antara Mars Dan Jupiter)

Charles II mendirikan situs Greenwich pada tahun 1675. Tujuannya adalah untuk memetakan bintang-bintang dan menyusun tabel yang kemudian dapat digunakan untuk navigasi di laut.

Observatorium tersebut berfungsi sampai tahun 1957, setelah itu ilmu pengetahuan yang serius mundur ke pedesaan untuk menjauh dari kabut asap dan polusi cahaya.

“Dengan udara yang lebih bersih dan teknologi baru, sekarang mungkin bagi teleskop untuk mengambil gambar yang sangat layak lagi dari ibukota” kata astronom ROG, Brendan Owens.

“Kita bisa menggunakan apa yang disebut filter narrow-band untuk menyiasati polusi cahaya, dan kemudian ada teknik pemrosesan yang baru. Kita dapat mengambil snapshot dengan frame rate yang sangat cepat dan hanya menggunakan hasil steadiest untuk membangun hasil akhir. Ini diketahui sebagai ‘lucky dip imaging’ ” katanya kepada BBC News.

The Annie Maunder Astrographic Telescope (AMAT) sebenarnya adalah instrumen empat-dalam-satu. Ini terdiri dari tiga refraktor yang lebih kecil di sekitar teleskop Schmidt-Cassegrain 14 inci (35,5 cm).

Pengguna akan dapat mempelajari Matahari dan planet-planet di Tata Surya kita, tetapi juga bisa melihat lebih jauh ke bintang yang lebih jauh dan nebula planet (awan gas dan debu yang sangat besar).

# Teleskop Baru Inggris Diberi Nama Astronom Wanita Pertama (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.