Afghanistan Mengklaim Drone AS Bunuh Pemimpin Taliban Pakistan

Afghanistan Mengklaim Drone AS Bunuh Pemimpin Taliban Pakistan
Maulana Fazlullah – AFP PHOTO/STR (Photo credit should read STR/AFP/Getty Images)

Afghanistan Mengklaim Drone AS Bunuh Pemimpin Taliban Pakistan

REINHA.com –┬áSerangan pesawat tak berawak AS di provinsi Kunar di Afghanistan timur laut telah menewaskan pemimpin Taliban Pakistan (TTP), kata seorang pejabat pemerintah Afghanistan.

Juru bicara Departemen Pertahanan Mohammad Radmanish menegaskan kepada CNN bahwa Mullah Fazlullah, yang memimpin kelompok teror 2013, tewas dalam serangan pada hari Rabu.

Pasukan AS telah melakukan serangan dekat perbatasan Pakistan, menargetkan pimpinan dari kelompok itu, menurut juru bicara Pasukan-Afghanistan AS Letkol Martin O’Donnell.

Dikutip dari MSN, Fazlullah telah menjadi tokoh utama TTP bahkan sebelum ia menjadi pimpinan pada akhir 2013, dan pernah memimpin milisi Taliban Pakistan di Lembah Swat negara itu.

Distrik administratif, di barat laut Pakistan, adalah tempat para militan menembak dan melukai aktivis remaja Malala Yousafzai pada Oktober 2012 ketika dia pulang dari sekolah dengan mobil; Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Sebuah pernyataan dari Pasukan AS-Afghanistan mengklaim bahwa serangan itu tidak menempatkan gencatan senjata sepihak yang sedang berlangsung dan diprakarsai oleh pemerintah Afghanistan.

“Pasukan AS-Afghanistan dan pasukan dukungan pimpinan NATO terus mematuhi Pemerintah, gencatan senjata sepihak Republik Islam Afghanistan dengan Taliban Afghanistan, yang diumumkan oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yang dimulai pada hari ke-27 Ramadhan.

“Seperti yang dinyatakan sebelumnya, gencatan senjata tidak termasuk upaya kontraterorisme AS melawan IS-K, al Qaeda, dan kelompok teroris regional dan internasional lainnya, atau hak yang melekat pada pasukan AS dan internasional untuk membela diri jika diserang,” bunyi pernyataan itu. IS-K mengacu pada kehadiran ISIS di Afghanistan.

“Kami berharap jeda ini mengarah ke dialog dan kemajuan dalam rekonsiliasi dan mengakhiri selamanya permusuhan,” tambah pernyataan itu.

# Afghanistan Mengklaim Drone AS Bunuh Pemimpin Taliban Pakistan

  • 4
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.