TEKNOLOGI

Alibaba Dan Tencent China Masuk Dalam Daftar 10 Merek Paling Berharga Di Dunia

Alibaba Dan Tencent China Masuk Dalam Daftar 10 Merek Paling Berharga Di Dunia

Alibaba Dan Tencent China Masuk Dalam Daftar 10 Merek Paling Berharga Di Dunia
@Carlos Barria/Reuters

REINHA.com – BrandZ telah merilis 100 merek global paling berharga, dimana raksasa teknologi AS Googgle menempati posisi teratas dan Apple berada urutan dibawahnya. Dan didalam daftar tersebut untuk pertama kalinya dua perusahaan China berhasil masuk 10 besar.

Dari laporan tersebut menunjukan bahwa Amazon telah menabrak Microsoft dari tempat ketiga. Tencent menduduki peringkat kelima diikuti oleh Facebook, Visa, McDonald’s, Alibaba, dan AT & T.

(Baca juga: Ilmuwan Australia Ciptakan Botol Bir Untuk Astronot)

Peringkat baru menunjukkan bahwa Tencent dan Alibaba telah mengatasi banyak rintangan spesifik China untuk menjadi pembangkit tenaga global, menurut Doreen Wang, kepala BrandZ.

“Tantangan yang dihadapi merek China sama sekali tidak kecil,” katanya.

“Kesadaran merek yang terbatas di pasar internasional, kurangnya kepercayaan karena masalah kualitas historis, dan keengganan merek China untuk berinvestasi dalam kampanye iklan global berdampak pada penempatan mereka pada posisi yang kurang menguntungkan dengan pesaing mereka yang lebih mapan.”

(Baca juga: Telan 80 Kantong Sampah Plastik, Paus Pilot Tewas Di Thailand)

Wang menjelaskan bahwa kebangkitan China dan konsumen muda yang cerdas telah menciptakan peluang bagi para pengusaha cerdas.

“Sikap berubah, terutama di antara konsumen muda yang jatuh cinta dengan merek China,” katanya. “Sementara penetrasi ke pasar AS mungkin masih pada tahap awal untuk kedua merek, wilayah lain merangkul mereka.”

Tencent yang berbasis di Shenzhen masuk ke peringkat 10 top BrandZ tahunan pada tahun 2017. Nilai merek perusahaan saat ini diperkirakan mencapai $ 179 miliar, naik 65 persen dibandingkan tahun lalu.

Alibaba Jack Ma, yang mengklaim tempat kesembilan, telah meningkatkan nilai mereknya hampir dua kali lipat menjadi $ 113 miliar. Raksasa e-commerce mengalahkan ekspektasi pada kuartal keempat, dengan pendapatan mencapai hampir $ 10 miliar. Alibaba baru-baru ini mulai melakukan diversifikasi kegiatannya, memperluas lebih jauh ke bidang-bidang seperti pembayaran seluler dan komputasi awan. Ini usaha untuk menangkis persaingan yang meningkat diantara pesaingnya seperti Tencent.

Alibaba mendapatkan tempat di Brasil, Chili dan negara-negara Amerika Latin lainnya, di mana pasar online AliExpress “dengan cepat menjadi platform e-commerce terkemuka,” kata Wang. Perusahaan ini juga memiliki kehadiran yang kuat di negara-negara seperti Israel, Spanyol, dan Korea Selatan.

Tencent telah mendapatkan pengakuan lebih besar di pasar Asia Selatan seperti Thailand dan Singapura, tambahnya.

Peringkat BrandZ diterbitkan setiap tahun oleh grup WPP dan Kantar Millward Brown. Google telah berada di peringkat teratas selama delapan dari 12 tahun terakhir. Mereknya saat ini bernilai $ 302 miliar, naik 23 persen dari tahun lalu.

# Alibaba Dan Tencent China Masuk Dalam Daftar 10 Merek Paling Berharga Di Dunia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.