Gempa 7,7 SR Guncang Sulawesi Tengah Dan Barat, Ini Penyebabnya

Gempa 7,7 SR Guncang Sulawesi Tengah Dan Barat, Ini Penyebabnya
@Sutopo_PN

REINHA.com – Gempa sebesar 7,7 SR guncang Sulewesi Tengah dan Sulawesi Barat, Jumat 28 September, pukul 17:02 WIB, dengan pusat gempa 11 km Timur Laut DONGGALA-SULTENG.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, peringatan ini sudah dicabut kembali.

Pusat Vulaknologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangannya, menyebutkan, gempa bumi dengan episenter pada koordinat 119,85oBT; 0,18oLS, dan kedalaman 10 kilometer, diawali dengan kejadian gempa bumi awal dan diikuti oleh serangkaian kejadian gempa bumi susulan di daerah Kabupaten Donggala.

“Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempa bumi, maka kejadian gempa bumi tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar aktif pada zona sesar Palu-Koro yang berarah barat laut-tenggara,” kata Kepala PVMBG Kasbani seperti yang dikutip dari liputan6.

(Baca juga: SBY Minta Maaf Kepada Jokowi Dan Kejaksaan Agung Soal Tweet Andi Arief)

Ia menyebutkan, di sekitar pusat gempa bumi pada umumnya disusun oleh batuan berumur pra tersier, tersier dan kuarter. Batuan berumur pra tersier dan tersier tersebut sebagian telah mengalami pelapukan.

“Batuan berumur pra tersier dan tersier yang telah mengalami pelapukan dan endapan kuarter tersebut pada umumnya bersifat urai, lepas, lunak, belum kompak (unconsolidated), bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi, sehingga rawan terhadap guncangan gempa bumi,” papar Kasbani.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan melalui akun Twitternya puluhan rumah rusak akibat gempa yang terjadi di Donggala Sulawesi Tengah. Daerah yang mengalami kerusakan ada di Kec. Sinreja Kab Donggala dekat pusat gempa.

Sutopo menginformasikan bahwa sesuai Notam Nomor H0737/18 Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu ditutup dari 28 September 2018 pukul 19.26 WITA sampai dengan estimasi 29 September 2018 pukul 19.20 WITA karena terdampak Gempa Bumi.

# Gempa 7,7 SR Guncang Sulawesi Tengah Dan Barat, Ini Penyebabnya

  • 3
    Shares