Pengaruh Kecanduan Alkohol Pada Kesehatan

Pengaruh Kecanduan Alkohol Pada Kesehatan

Ilustrasi @Maximum Media

REINHA.com – Data WHO menyebutkan bahwa 1 dari 20 kematian terjadi karena alkohol, menimpa lebih dari 3 juta orang tiap tahun, dan lebih banyak terjadi pada pria. Alkohol yang terdapat dalam minuman memiliki kadar etanol 1-55%. Bila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan banyak efek negatif bagi tubuh, berakibat pada perubahan mental dan perilaku serta hilangnya keseimbangan tubuh. Dan bila kadar alkohol dalam darah sudah melewati ambang batas ± 400 mg/dl, efek yang terjadi adalah koma bahkan kematian.

Kecanduan adalah ketika tubuh menjadi bergantung pada alkohol dan sulit untuk mengendalikan konsumsinya. Seseorang yang mengalami kecanduan, sesungguhnya itu terjadi karena penyalahgunaan alkohol. Penyalahgunaan alkohol merupakan masalah yang sangat rumit, yang biasanya diawali dengan penggunaan yang berisiko kemudian diikuti oleh penggunaan yang membahayakan dan terakhir yaitu tahap kecanduan.

(Baca juga: Entropion Penyakit Mata Yang Sering Dialami Oleh Lansia)

Seseorang yang sudah memasuki tahap kecanduan tidak akan bisa berhenti mengkonsumsi alkohol, meskipun telah terjadi gangguan pada fungsi tubuhnya, dan akan sangat tersiksa jika tidak mengkonsumsi alkohol.
Adapun ciri-ciri pecandu minuman alkohol yaitu :

1. Suasana hati dan perilaku yang berubah
2. Menjadi pendiam dan penyendiri
3. Tidak lagi tertarik menyalurkan hobi atau tidak tertarik untuk melakukan aktivitas positif
4. Mata terlihat sayu dan merah
5. Penurunan prestasi di sekolah atau kampus
6. Daya ingat berkurang dan perubahan gaya bicara
7. Menjadi malas dalam mengurus penampilan dan kebersihan badan
8. Berteman dengan orang-orang yang dicurigai sebagai peminum

Efek yang sering ditimbulkan bila seseorang mengkonsumsi alkohol yaitu tubuh menjadi rileks, hilang kesadaran, mual hingga muntah, pandangan kabur, bicara tidak jelas dan hilang keseimbangan tubuh. Seseorang yang mengalami kecanduan, akan selalu ingin merasakan efek tersebut, namun jika ia sudah tidak merasakan lagi efek seperti itu, maka jumlah alkohol yang akan dikonsumsi akan terus bertambah hingga dia bisa merasakan kembali efek itu. Efek putus alkohol pun akan dirasakan, seperti, resah, sulit tidur, gemetar, mual, berhalusinasi, jantung berdebar-debar hingga kejang-kejang jika berhenti mengkonsumsi atau jumlah alkohol yang dibutuhkan kurang.

Kecanduan karena alkohol bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti :

1. Menyebabkan kerusakan saraf
2. Menyebabkan gangguan jantung
3. Mengganggu sistem metabolisme tubuh
4. Mengganggu sistem reproduksi
5. Mengganggu sistem pencernaan
6. Mengganggu fungsi hati
7. Menurunkan sistem kekebalan tubuh
8. Menyebabkan tekanan darah tinggi
9. Memperpendek usia seseorang

Kecanduan alkohol bisa diatasi, dikurangi bahkan bisa berhenti total. Semua tergantung dari niat dan seberapa berat kecanduan yang dialami serta dukungan dari orang-orang terdekat dan orang sekitar.

# Pengaruh Kecanduan Alkohol Pada Kesehatan

  • 6
    Shares