Karmenu Vella: Indonesia Mitra Penting EU Menuju Circular Economy Global

Karmenu Vella: Indonesia Mitra Penting EU Menuju Circular Economy Global

Twitter @Kementerian LHK

REINHA.com – Kamis (25/10) diselenggarakan forum dialog “The 8th EU (European Union) – Indonesia Bussiness” dengan tema “Circular Economy: Maximizing Bussiness Through Sustainable Practice” di Jakarta.

Tujuan dari pertemuan ini untuk mendiskusikan kerjasama antara Indonesia-EU dalam kerangka mempromosikan circular economy, inovasi, dan pertumbuhan berkelanjutan.

(Baca juga: Sering Ditanyakan Soal Perkembangan Mobil Esemka, Begini Penjelasan Jokowi)

Sedangkan pembahasan utama pada pertemuan ini diantaranya infrastruktur dalam pencegahan dan pengelolaan sampah khususnya plastik dan organik serta target SDGs (Sustainable Development Goals).

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa circular economy merupakan paradigma baru di Indonesia, saat ini circular economy yang telah dilakukan yakni dimana limbah padat dimanfaatkan melalui mekanisme bank sampah.

“Kami memanfaatkan limbah padat sebagai bahan dari sumber daya terbarukan di sektor industri yang dapat meminimalkan biaya produksi, hingga konservasi lingkungan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.” kata Siti Nurbaya seperti yang dikutip dari akun Twitter Kementerian LHK.

Sementara itu, Komisaris Eropa untuk Lingkungan, Kelautan, dan Perikanan, Karmenu Vella mengatakan Indonesia adalah mitra penting bagi EU dalam melangkah menuju circular economy global.

“Dalam menuju masa depan yang hemat SDA, sirkular, dan rendah karbon, kita tidak bisa berkembang sendiri. EU siap bekerja bersama Indonesia untuk mendukung transisi baik bisnis, lingkungan, dan perlindungan iklim” kata Karmenu Vella.

# Karmenu Vella: Indonesia Mitra Penting EU Menuju Circular Economy Global

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.